Senin, Desember 16, 2019

Jelang Tanam, Petani Tegalsari Musyawarah Bersama, Ini Hasilnya !

 

PELITAKARAWANG.COM -  Tidak mau merugi ditengah masa pertanaman, puluhan petani Tegalsari Kecamatan Cilamaya Wetan musywawarah berjamaah di Aula Kantor Desa, Senin (16/12). Kegiatan yang di komandoi langsung Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sri Mulya ini, menghadirkan langsung instansi terkait seperti PSDA, PJT Seksi Telagasari dan Penyuluh Pertanian.

"Iya, jelang musim rendeng dan pengolahan lahan, Kuta harus musyawarah dulu agar ditengah masa pertanaman ini singkron, baik pengairan, pemupukan hingga varietas yang cocok di semai nanti bersama instansi terkait, " Kata Ketua Gapoktan Sri Mulya, H Een kepada Pelitakarawang.com. 

Ia menambahkan, jelang tanam, ada tiga masalah bagi petani, yaitu kapan memulai olah tanah, kapan semai dan kapan pengairannya. Maka, memastikan semuanya singkron, petani harus koordinasi dengan PJT II dan UPTD Pertanian. Dalam artian, petani tidak mau ditengah perjalanan kurang air, kemudian salah pemupukan, bahkan salah varietasnya, sebab, modal yang dikeluarkan petani itu cukup besar. "Pengairannya harus cukup, dan varietasnya harus cocok, karena di rendeng ini nanti musim hujan, maka harus di spesifikasi varietas yang minimalnya tidak rebah dan kuat dalam pengendalian hama, "Kata Ketua Gapoktan terbaik 3 Provinsi Jawa Barat ini. 

Kades Tegalsari, Awang Wibisono mengatakan, masa paceklik para petani di desanya ini sudah berlangsung dua bulan terakhir paska panen. Sehingga, harus kembali memulai tanam yang sebenarnya sudah mundur di golongan air IV ini. Sebab, jadwal tanam rendeng yang seharusnya sudah di mulai sejak November, harus tertunda karena air belum masuk. Oleh karena itulah, para petani mengundang pihak terkait untuk memastikan jadwal tanam yang tepat. Setelah ada kepastian, bersama pemerintah desa, petani yang tergabung dalam kelompok tani ini, akan memulai gorol pekan ini membersihkan saluran irigasi, agar pengolahan lahan segera di mulai. "Pada intinya kita mendukung penuh upaya petani dalam menjalin koordinasi bersama pihak terkait untuk memastikan jadwal tanam yang tepat, " Pungkasnya. 
Hadir dalam kesempatan Musyawarah tersebut, Asep Dadang Kuswara dari PSDA, Penyuluh Pertanian Cilamaya Wetan, pejabat PJT II Seksi Telagasari dan puluhan Ketua Kelompok Tani (Poktan) di Desa Tegalsari. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top