KABAR PILKADA

Lahan Komplek Makam Syekh Quro Mau di Sertifikatkan Lewat PTSL

PELITAKARAWANG.COM
11/12/19, 12:58 WIB Last Updated 2019-12-11T05:58:21Z
PELITAKARAWANG.COM - Ribet dan panjang prosesnya, membuat sertifikasi lahan komplek makam syekh Quro di Pulobata Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang secara manual, tak kunjung beres. Namun, lahan seluas 21.900 meter tersebut, rencananya akan masuk pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) BPN/ATR. 

Kasie Pemerintahan Desa Pulokalapa, Amud mengatakan, lahan seluas 21.900 meter di komplek makam syekh Quro itu sudah ada gambar ukurnya, karena memang sudah di proses secara manual. Namun, karena agak ribet soal biaya, pembuatan sertifikat secara manual itu belum sempurna di rampungkan. Karenanya, ada program PTSL dari BPN, bidang yang akan juga masuk dalam program tersebut, antara lain meneruskan sertifikasi lahan yang menjadi aset pemerintah desa tersebut. Karena, sebagaimana amanah Permendagri, bahwa tanah aset itu wajib di sertifikatkan dan diharapkan bisa prioritas. "Kita sudah proses secara manual, tapi belum beres. Karenanya, akan di teruskan di program PTSL ini, walaupun gambar ukurnya sudah ada, " Katanya. 

Amud menambahkan, Positifnya jika tanah aset desa ini di sertifikatkan, adalah terpenuhinya legal formal saat pengajuan pembangunan sarana fisik kepada Pemkab maupun Pemprov. Apalagi, kabar Komplek Makam Syekh Quro yang akan diguyur bantuan puluhan Milyar, membuat sertifikasi lahan aset desa ini, harus segara terwujud dan tidak jadi kendala. "Ribuan bidang lahan warga juga antusias ikuti PTSL ini, ya salah satunya komplek makam ini yang diharapkan bisa jadi progres prioritas, " Pungkasnya. (Rud)
Komentar

Tampilkan

Terkini