Sabtu, Desember 14, 2019

LHP Inspektorat Buruk "Ganjal" Syarat Pencalonan Kades Petahana Oleh Bupati

 

PELITAKARAWANG.COM - Pelayanan satu atap dan verifikasi berkas bakal calon kades disebut masih ada yang belum sempurna. Bahkan, di akhir pemenuhan persyaratan Jumat (13/12), sejumlah Kades petahana bersama tim, nampak lalu lalang ke Kantor DPMD dan Inspektorat semalaman demi memenuhi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat yang belum 100 persen di penuhi, baik reguler maupun pemeriksaan khusus (Riksus) akhir jabatan.

"Kalau berkas lain mah seperti ijasah, kesehatan dan lain-lain mah, sudah bagus. Cuma, karena ada temuan LHP Inspektorat yang belum 100 persen dipenuhi sebagai tanggungjawab Kades petahana, ini yang belum tuntas. Sehingga, kalau ingin dapat rekomendasi Bupati untuk pencalonan, ya harus tuntaskan 100 persen tersebut," Kata Panitia Pilkades yang meminta dirahasiakan namanya ini. 

Senada dikatakan salah satu Tim sukses balon kades di salah satu Kecamatan, dirinya mengaku kelelahan, karena selain harus bolak-balik DPMD mengawal dukungannya, ternyata juga harus semalaman di kantor Inspektorat Karawang, menyusul di Kecamatannya ini, ada dua desa yang temuan LHP hasil Riksus belum sempurna 100 persen. Sebab, kalau tidak demikian, nantinya Inspektorat tidak akan melayangkan surat rekomendasi pencalonan kades petahana kepada Bupati Karawang, dan di pastikan bisa menggugurkan pencalonan incumben. "Di upayakan juga sih sama orang Kecamatan, kita diantar ke Inspektorat dan DPMD, " Ujarnya.

Kasie Pemerintahan Kecamatan Tempuran, Encep Supriyadi mengatakan, untuk Tempuran dari 13 balon di 4 desa, di pastikan hasil Yantapnya sudah lolos semua berkas administrasinya. Kalaupun ada yang belum dipenuhi seperti LHP misalnya, memang harus di penuhi dulu, infonya cuma di kasih waktu sampai hari Jumat kemarin 13/12. Sebab, khusus calon petahana, temuan LHP inspektorat wajib 100 persen agar bisa direkomendasikan kembali nyalon. "Semuanya, statusnya masih Bakal Calon (Balon), Alhamdulillah kita mah lolos semua 13 balon juga, " Ungkapnya. 

Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Karawang, Didin saat dikonfirmasi dari 45 Desa yang belum memenuhi temuan LHP 100 persen terdapat di desa mana saja, sampai berita ini ditulis, yang bersangkutan belum memberikan balasan. Begitupun dengan Kepala Inspektorat Karawang, Endang Somantri. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top