Kamis, Desember 12, 2019

Nadiem Minta Dinas Pendidikan Petakan Sebaran Guru di Daerah

 



PELITAKARAWANG.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim meminta para kepala dinas pendidikan memetakan sebaran guru di daerahnya.

Menurut Nadiem, persebaran guru perlu dievaluasi sebagai salah satu rujukan pemerataan kualitas pendidikan.

"Ini yang saya butuh dukungan bapak dan ibu semua untuk segera melakukan evaluasi paling tidak dari jumlah kuantitas guru. Paling tidak kalau ada sekolah-sekolah yang banyak sekali guru di sekolah itu, untuk bisa berlaku adil di sekolah lain yang kekurangan guru," ujar Nadiem di hadapan para kepala dinas pendidikan dari seluruh Indonesia saat memaparkan program "Merdeka Belajar" di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).

Nadiem mengatakan, Kemendikbud tidak bisa melakukan pemetaan kuantitas guru tanpa bantuan stakeholder di daerah.

Setelah dilakukan pemetaan, Nadiem meminta agar ada distribusi guru kepada sekolah yang masih kekurangan tenaga pendidik.

"Maka mohon bapak, ibu untuk menjadikan prioritas nomor satu, untuk sekolah yang kekurangan guru mohon dilakukan distribusi yang baik. Ini demi siswa-siswi kita," ucap Nadiem.

Dia mengingatkan bahwa pemerataan pendidikan tidak cukup hanya dengan memberlakukan sistem zonasi saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) saja.

Nadiem menilai, pemerataan guru lebih memberikan dampak signifikan terhadap pemerataan kualitas pendidikan.
"Pemerataan kuantitas dan kualitas guru, itu yang lebih banyak dampaknya kepada pemerataan pendidikan," kata Nadiem.



sumber : kompas.com

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top