Rabu, Desember 18, 2019

PNS Tiga Kecamatan di Latih Input Aplikasi Bangkom BKPSDM

 

PELITAKARAWANG.COM- Mengenali penilaian kompetensi atasan dan bawahan, BKPSDM melalui Bidang Diklat latih puluhan PNS struktural di Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon dan Banyusari, Rabu (18/12). Mereka, di latih tata cara input dan registrasi aplikasi Pengembangan Kompetensi (Bangkom) yang sudah launching pada Juli 2019 kemarin. 


Kabid Diklat BKPSDM Karawang Saepudin Muhtadin mengatakan, aplikasi Bangkom ini adalah media untuk
mengetahui kompetensi ASN, caranya dengan menilai diri sendiri lewat indikator yang terlampir di laman aplikasi. Setelah itu, penilaian kompetensi berikutnya oleh atasannya, sehingga penilaian diri sendiri dan oleh pimpinan ini akan di akumulasi datanya dan jadi kesimpulan ukuran kompetensinya. Sehingga, Outputnya, akan terdata kompetensi SDM kultural dan manajerialnya. "Lewat aplikasi ini, kita punya data Diklat kompetensi sebagai data referensi dalam mengadakan kegiatan, "Katanya.


Soal jaminan pengisian aplikasi jujur, Muhtadin menyebut bahwa asumsi tidak ada yang sempurna, tapi ini jadi komptensi pembanding antar satu PNS dengan PNS lain, karena yang paling tahu kinerja dan komptensi bawahan adalah pimpinan. "Pejabat fungsional belum, ini baru struktural, Alhamdulillah sudah 40 persen yang sudah registrasi sejak Juli, " Pungkasnya. 

Camat Cilamaya Kulon, Basuki Rachmat mengatakan, penilaian mandiri kompetensi bawahan dan atasan lewat penilaian kinerja dengan aplikasi ini, cukup bagus. Karena, selain fleksibel juga terjamin kerahasiaannya antara pimpinan dengan bawahan. Tentu saja, dalam mengisi aplikasi harus dibarengi dengan penilaian kinerja dan kompetensi yang jujur, karena sebagai bahan spesifikasi PNS mana saja yang akan di Diklat kompetensinya lebih baik lagi. "Bagus sih, faham dan siap mengikuti setiap laman aplikasi ini, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top