PELITAKARAWANG.COM. - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) gelar rapat anggota tahunan (RAT) dengan bertajuk wujudkan mimpi, raih prestasi, Karawang Juara. RAT dilaksanakan di Ballroom Akshaya Hotel Karawang, mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB, Rabu (18/12/19).



Ketua Umum Koni Kabupaten Karawang, H. Sayutu Haris menyampaikan bahwa,  RAT ini kewajiban organisasi, setiap tahun harus dilakukan. Dimana akhir tahun anggarannya.

"Jadi RAT ini adalah RAT terakhir karena nanti pada tahun 2020 bukan lagi RAT melainkan Musyawarah Olahraga Kabupaten," katanya.

Menurutnya, kemudian dalam RAT ia menyampaikan kepada peserta jika Musorkab di percepat, dikarenakan pada akhir jabatannya bulan November akan ada PON(Pekan Olahraga Nasional) 2020 di Papua. Tidak mungkin kalau misalnya menyiapkan PON jangka waktu 1 bulan, maka dari itu Ketua Umum Koni menginginkan jika Musorkab dilaksanakan di bulan Juli.

"Makanya saya tawarkan kepada peserta apakah bisa dipercepat apa tidak kemungkinan hasil pembicaraan tadi bisa dipercepat supaya lebih bagus. Karena habis masa jabatan saya bulan september. Pada waktu itu ada PON di Jakarta zaman kepengurusan Pak Aris Suparno di perpanjang sampai bulan november karena sekretaris dan ketuanya sebagai panitia PON. Tidak terganggu dengan pemilihan, makannya saya kembalikan ke semula bahwa bulan juli penjabatan itu habis dilakukan Musorkab pada 2020," ucapnya 

Lanjutnya,  RAT wajib di laksanakan setiap tahun, dimana masa bakti akan habis biasanya akan september dilakukan, sekarang desember kalau tahun nanti jabatan habis di tahun 2020 ditarik pada bulan Juli.

Dedi Rustadi selaku Ketua Pelaksana, mengucapkan, atas nama panitia sesuai SK yang diberikan pada kami dari Koni, SK nomor 7 tahun 2019. Maka kami berkewajiban untuk melakukan agenda rutin tahunan. Dimana kami menyelenggarakan rapat anggota tahunan dengan seluruh cabor dimana ini momentum menyampaikan program selama 1 tahun yang sudah dikerjakan oleh KONI," tambahnya.

Cabor yang tergabung dalam Koni ada 43 dan yang hadir 38 Cabor, setiap perwakilan cabor 2 orang. Kemudian dari apa yang disampaikan juga diberikan kesempatan pada cabor dan ada 2 badan fungsional untuk mengevaluasi apa yang kurang.

"Kemudian untuk kedepan apa yang akan kita targatkan secara bersama-sama. Substansinya adalah itu, "Ucapnya. 

Harapannya dari RAT ini menjadi perbaikan kedepan untuk semua insan olahraga masyarakat Kabupaten Karawang sehingga Karawang ini memberikan prestasi jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Drs.Haifendri Putih. MM AIFO Wakil Ketum IV KONI Jabar, berharap di Kabupaten/Kota untuk solid karena dari solid itu menghasilkan pembina yang terprogram, dari pembin yang terprogram atlet berprestasi.

"Kita berharap organisasi di Kabupaten/kota ini harus solid karena organisasi yang solid itu akan menghasilkan pembinaan juga yang terprogram, pembina yang terprogram akan menghasilkan atlet yang Berprestasi, nah atlet yang Berprestasi itu diharapkan oleh koni Jabar untuk di bina untuk maju di pon yang akan datang," katanya.

Kabupaten Karawang hampir 13.5% kontributor PON 2016. Harapannya Kabupaten Karawang tetap konsisten dalam mempertahankan apa yang dicapai.

"Untuk Kabupaten Karawang ini salah satu penyumbang emas juga di Jawa Barat, hampir 13.5% kontributor medali Pon di 2016 itu berasal dari koni Kabupaten Karawang," pungkasnya.(o).