PELITAKARAWANG.COM - Tyto Alba, atau spesies burung hantu sebagai musuh alami pemgendali hama tikus, resmi di lepas Dinas Pertanian di tempat karantina dan Konservasi Tyto Alba Desa Pasirmulya Kecamatan Majalaya, Kamis kemarin (12/12). Sebanyak 20 spesies burung pemangsa tikus ini, di lepas ke habitat dan sarang yang sudah disediakan untuk memburu hama tikus di areal pesawahan sekitaran Pasirmulya Kecamatan Majalaya dan Ciwaringin Kecamatan Lemahabang. 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Tyto Alba dewasa sebagai pengendali hama tikus ini, kita lepas. Semoga bisa bawa manfaat bagi areal pesawahan masyarakat di sekitarnya, " Kata Yuyu, Pejabat Dinas Pertanian Karawang. 

Sementara itu, Kades Ciwaringin, Hj Ocih mengatakan, pelatihan dan pengembangan butuh hantu spesies Tyto Alba ini sukses dikembangkan di Pasirmulya, bahkan Desa Ciwaringin ikut terdampak efek positifnya karena areal pesawahannya berada di perbatasan Majayala-Lemahabang. Memang, bukan biaya kecil untuk pengembangan spesies burung ini, selain harus ada tempat konservasi dan karantina, adaptasi burung juga bukan perkara instan. Ada teknik dan formulasi tersendiri, kemana hewan ini terbang dan kembali, juga pengembangannya. Wal hasil, khusus Desa Pasirmulya dan Ciwaringin, dampak itu mulai dirasakan, dimana ha tikus semakin tereliminir. "Kita tertarik ingin mengembangkan lebih banyak di Ciwaringin, ya walaupun memang gak murah, " Pungkasnya. (Rud)