Rabu, Desember 11, 2019

Warga Gedang Manggala Dipacu Tidak BAB Sembarangan

 

PELITAKARAWANG.COM - Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kembali di gerakan Puskesmas Telagasari, Rabu (11/12). Masyarakat Dusun Gedang Manggala RT 10/03 Desa Cilewo menjadi sasaran kegiatan yang outputnya agar tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Telagasari, Lilis Murniasih mengatakan, kegiatannya bernama Pemicuan STBM. Ini, Adalah suatu upaya pendekatan di masyarakat untuk perubahan perilaku dengan metode pemicuan. Masyarakat di picu rasa malu dan rasa jijiknya sehingga di harapkan kegiatan yang juga dihadiri Kades Cilewo Omang Rohman ini, bisa menyadarkan masyarakat untuk berubah perilakunya, dari buang air besar sembarangan menjadi Stop BABS. "STBM ini memicu rasa jijik di masyarakat, sehingga menyadarkan prilaku sehat dan tidak buang air besar sembarang lagi, " Katanya. 

Lilis menambahkan, Kegiatan Pemicuan ini di laksanakan di Dusun Gedang Manggala RT 10/03 Desa cilewo. Dimana usai Pemicuan, out put dari kegiatan ini adalah perubahan perilaku dari BABS menjadi STOP BABS. "Dusun dan desa lain juga sama, kini giliran di Gedang Manggala, " Ucapnya. 

Kades Cilewo Omang Rohman mengatakan, dengan penyuluhan dan Pemicuan STBM dari Puskesmas ini, setidaknya masyarakat bisa tergugah dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), karena sarana fisik untuk MCK sendiri sudah tersedia di Gedang Manggala ini. Karena, jika BAB Sembarangan, bukan saja buruk pada sanitasi dan air di sekitaran, tetapi juga ancaman kesehatan masyarakat itu sendiri. "Semoga semakin tergugah kesadaran masyarakat dalam berprilaku hidup bersih. Kita apresiasi Puskesmas yang sudah menyasar masyarakat kami, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top