PELITAKARAWANG.COM - Salah satu agen jasa wisata asal Indonesia, PT Cahaya Matahari Rembulan, menghentikan sementara waktu penjualan tiket untuk wisatawan Tiongkok, yang akan melakukan perjalanan ke Kota Solo menyusul merebaknya virus corona di negara tersebut.

"Kami menghentikan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan," kata Direktur PT Cahaya Matahari Rembulan Pupun Pantiana Gunmantono di Solo, Minggu.

Ia mengatakan sebelumnya pemerintahan setempat sudah melarang penerbangan dari Tiongkok ke luar negeri akibat kondisi tersebut. Bahkan, agen harus melakukan "refund" tiket kepada pelanggannya di Tiongkok.

Terkait hal itu, pihaknya mengaku harus melakukan revisi terhadap sejumlah rencana bisnis yang telah disusun mengingat selama ini Tiongkok menjadi pasar utama PT Cahaya Matahari Rembulan.

Sementara itu, terakhir kali PT Cahaya Matahari Rembulan mendatangkan wisatawan dari Kunming, China, pada minggu lalu sebelum akhirnya menghentikan sementara waktu penjualan tiket untuk rute tersebut.

"Itu rombongan terakhir kami sebelum akhirnya berhenti dulu. Selanjutnya kami akan membawa turis lagi kalau memang wabah ini sudah mereda," katanya.

Sementara itu, Bandara Adi Soemarmo Surakarta terus berupaya mengantisipasi penyebaran virus korona dengan menyiapkan alat thermal scan di jalur menuju gate imigrasi. (jppn/ant)