Jumat, Januari 31, 2020

Antisipasi Virus Corona, Puskesmas Rengasdengklok lakukan sosialisasi

 

PELITAKARAWANG.COM - Virus Corona yang mewabah di Wuhan kini jadi masalah kesehatan internasional. Penyakit ini menyebabkan pneumonia China atau pneumonia Wuhan. Virus yang awalnya menyebar dari hewan itu dapat menyebabkan pneumonia atau radang paru-paru yang mematikan.

Hal tersebut lah yang membuat Puskesmas Rengasdengklok lakukan penyuluhan dan sosialisasi antisipasi penyebaran virus corona dengan berprilaku hidup sehat kepada masyarakat di Kecamatan Rengasdengklok.

“Walaupun tidak ada kasus yang terjadi di Rengasdengklok, tapi kita tetap harus antisipasi. Kita tengah lakukan sosialisasi dalam acara-acara minggon, atau pertemuan-pertemuan, baik pertemuan kecil ataupun besar, kita sampaikan penyuluhan corona virus, kepada masyarakat,” ucapnya, Kamis (30/1/2020).

Dikatakannya, langkah pencegahan dimulai dari hal sederhana seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Berprilaku hidup sehat dengan berolahraga atau beraktifitas fisik, mengkonsumsi makanan bergizi, dan di saat tertentu dianjurkan untuk menggunakan masker.

“Kita edukasi ke masyarakat atau pasien yang datang, gejala virus Corona mirip-mirip dengan flu, pilek disertai batuk tetapi lama-lama dia kemudian menjadi sesak nafas,” ucapnya.

Masih kata dr. Cucu, jika ada pasien yang terindikasi pihaknya akan langsung merujuknya ke RSUD Karawang karena penderita tersebut harus segera diisolasi.

“Puskesmas Rengasdengklok tidak memiliki ruangan isolasi, karena ruangan itu harus benar-benar khusus dan tidak boleh disatukan dengan pasien lain,” tegasnya. (Isk)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top