Jumat, Januari 31, 2020

Eceng Gondok di Waduk Walahar Karawang Dibersihkan

 

PELITAKARAWANG.COM - Bersama Satgas Citarum Harum sektor 16, sektor 18, dan TPOP SDA Jawa Barat, Perum Jasa Tirta II membersihkan eceng gondok dan sampah runah tangga aliran Sungai Citarum di Bendungan Walahar, Karawang, Selasa (29/1/2020).

Dirut Perum Jasa Tirta II U Saepudin Noer mengatakan, pengangkatan sampah ini dilakukan agar kondisi air kembali bersih. Sampah yang nyangkut di pintu air mengganggu operasi bendungan.

Jika tidak dikelola dengan baik maka dikhawatirkan ketika diguyur hujan bendungan jebol karena volume air tak tersalurkan. "Aliran sungai harus bersih dan bebas dari sampah dan eceng gondok," ujar dia.

Tak hanya itu, keberadaan eceng gondok dan sampah ini menghambat arus aliran air yang membuat kualitas air pun buruk, terlebih jika digunakan untuk keperluan sehari-hari.

"Jadi bendungan harus bersih untuk menjaga kualitias air juga," ujarnya.

Ia menyebut, keberadaan sampah di sini berasal dari hulu yang terbawa ke hilir ketika dimusim penghujan seperti ini. "Kalau kemarau justru sampah hilang," kata dia.

Ia berharap, ke depan aliran air tidak menjadi halaman belakang rumah, melaikan harus halaman depan, sehingga kondisi aliran air dapat terawat dan tidak menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga atau pun industri.

"Menjadikan sungai sebagai halaman depan rumah kita, bukan halaman belakang yang cenderung tidak terjaga kebersihannya. Ke depan diharapkan tidak ada lagi sampah-sampah yang menumpuk di pintu air atau bendungan-bendungan," ujar dia.(ayobdg)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top