KABAR PILKADA

Jokowi soal Evakuasi WNI di Wuhan: Antrean Kita Terdepan

PELITAKARAWANG.COM
31/01/20, 21:47 WIB Last Updated 2020-01-31T14:46:59Z

PELITAKARAWANG.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah terus mempersiapkan evakuasi sekitar 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, China, yang jadi titik pusat wabah virus corona.
3
Jokowi mengatakan evakuasi WNI dari Wuhan, Provinsi Hubei merupakan pekerjaan besar yang harus dipersiapkan dengan matang.

"Masih dalam proses, masih kami proses karena yang ingin evakuasi bukan hanya Indonesia saja, tetapi saya kira antrean kita ada di depan," kata Jokowi kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (31/1).




Mantan wali kota Solo itu berkata para WNI tersebut akan pulangkan melalui satu bandara sehingga memudahkan pemerintah untuk melakukan observasi.

Data Kementerian Luar Negeri Indonesia, jumlah WNI yang akan dievakuasi sebanyak 245 orang. Dari 245 orang tersebut, 100 orang diantaranya berada di Wuhan, provinsi Hubei.


Menlu Retno Marsudi sebelumnya menyampaikan bahwa persiapan evakuasi WNI tersebut telah memasuki tahap akhir. Retno juga telah bertemu dengan Duta Besar China di Jakarta untuk membahas hal tersebut.


"Pagi ini saya telah bertemu dengan Dubes RRT di Jakarta. Beliau telah menyampaikan clearance pendaratan dan pergerakan pesawat untuk evakuasi WNI dari Provinsi Hubei. Kami sampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah diberikan oleh otoritas RRT," tutur Retno.


Pesawat yang digunakan untuk menjemput merupakan pesawat charter milik Batik Air jenis A330. Surat permohonan izin prinsip charter flight beredar di kalangan wartawan. Surat itu dilayangkan oleh manajemen Batik Air ke Dirjen Perhubungan Udara.


Rencananya pesawat akan terbang pada Sabtu (1/2) pukul 06.00 WIB dari bandara Soekarno-Hatta. Ratusan WNI tersebut akan tiba di Indonesia, sekitar Sabtu (1/2) malam atau Minggu (2/2) dini hari, berdasarkan informasi yang diperoleh.



Saat tiba di Indonesia pesawat yang mengangkut WNI dari Wuhan akan mendarat di Batam, Kepulauan Riau. 



Kementerian Kesehatan menyatakan WNI dari Wuhan akan dikarantina selama 14 hari setibanya di Indonesia. Dia belum bisa memastikan tempat karantina para WNI tersebut.

"Belum tahu dimana (lokasinya), yang jelas bukan di rumah sakit. Masa karantina 14 hari, Pak menteri bilang sudah clear 14 hari. 2 kali masa inkubasi," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Wiendra Waworuntu.(cnn)
.
Komentar

Tampilkan

TERBARU LAINNYA

BERITA SEPUTAR KARAWANG

+