Selasa, Januari 14, 2020

Kades - Kades Minta Solusi Penanganan Darurat Paska Banjir

 

PELITAKARAWANG.COM - Para Kepala Desa di Cilamaya Wetan secara tegas meminta solusi penanganan sarana pra sarana paska banjir yang melanda Cilamaya Wetan, awal tahun kemarin. Mereka, menginginkan pencegahan di lakukan serius agar banjir tahunan akibat luapan sungai Cilamaya dan Kali Bawah itu, bisa di cegah. 


Kades Muara, Iyos Rossi mengatakan, tanggul kali Cilamaya dan Kali Bawah yang dibuat manual lewat kerja Bhakti sudah rembes setiap kali tersapu banjir. Jika terus di ulang, hal ini akan memicu jebolnya tanggul susulan dan sulit terbendung. Pihaknya, ingin ada penanganan darurat untuk pencegahan dan penanganan melalui pemeliharaan kali bawah dan kali cilamaya di beberapa titik. Kemarin, yang jebol masih bisa tertangani, namun tanah yang sudah di karungi bisa amblas lagi, artinya, ketika tidak ada tindakan optimal, ia khawatir 
musibah banjir masih akan terus berlanjut. "Kalau bisa ada penanganan darurat paska banjir, soalnya banyak tanggul yang jebol saat tersapu air rembes lagi, " Harapnya.

Senada dikatakan Kades Sukakerta H Bukhori di Muara sungai, seharusnya dalam setahun di normalisasi dua kali. Sebab, pendangkalan muara itu sangat cepat sedimentasinya. Mengatasi hal ini, apakah perlu alternatif alokasi desa-desa yang memiliki saluran pembuang untuk normalisasi ? Mengingat, Cilamaya ini lokasinya ada di hilir, sehingga sebesar apapun normalisasi di hulu, kalau muaranya lambat tertangani, khawatir bencana banjir ini tetap akan berdampak pada masyarakat. "Mohon di perhatikan dampak besar di Muara sungai, kalau perlu normalisasi lewat anggaran desa, ayo kita siapkan, karena jangan sampai masyarakat ini cemas akibat penanganan yang lambat di hilir Cilamaya, " Tutupnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top