PELITAKARAWANG.COM- Musim tanam rendeng sudah siap. Ada yang sudah pengolahan, ada juga yang sudah persemaian dan tandur seperti di golongan 1 Kecamatan Banyusari, Tirtamulya dan Lemahabang. Namun, suplai air yang sedikit, membuat para petani linglung. 

"Kita di Banyusari khususnya di Desa  Gembongan, paska tanam padi di sawah dan ada yang sudah tandur 10 hari, air di irigasi selalu surut, bahkan saluran air tersier pada kering, otomatis sawah juga kering dan padi ada yang pada mati, bagaimana ini solusinya supaya air irigasi volume airnya ditambah (digedein) pembuangannya ke daerah Banyusari, " Pinta buruh tani Banyusari, Faqih Senin (20/1).

Hal yang sama sebelumnya di keluhkan petani di Langsep Desa Pulojaya Kecanatan Lemahabang, Ulis Atam. Menurutnya, tanaman bisa terancam menguning jika sampai air terus kurang sepekan terakhir. Luas sawah yang mengandalkan irigasi sekunder ada 150 hektar. Ada yang sudah pengolahan belum semai, ada yang semai belum tandur, dan yang tandur juga terancam. Untuk itu, ia berharap, PJT bisa berikan informasi detail terkait suplay air, kalau menunggu hujan entah kapan prediksinya, karena saat ini yang di butuhkan adalah air. "Irigasi pada surut, tolong di percepat airnya, kita sudah tanam sepuluh harian, " Ujarnya. 

Sementara itu, PPL di Kecamatan Lemahabang, Suhada mengatakan, Senin pagi (20/1) air dari irigasi sudah mengalir, betapapun nampak baru setengahnya, belum semua. "Kita harap memang air sudah cukup pada Senin sore dan seterusnya, " Ujarnya. 

Dikonfirmasi, Kepala PJT II Sektor Telagasari, Dudung mengatakan, volume air kemarin sudah di tambah 5 kubik, terus ke irigasi tambah air hujan ke saluran induk irigasi sampai 25 kubik.

Sehingga, kalau normal tanpa kecampur air hujan 12 kubikan. Di Purwakarta sudah mulai mendung beberapa hari terakhir dan mudah-mudahan debit air gede di tambah air hujan. Untuk Banyusari, sebutnya, informas itu sudah di sampaikan ke pimpinan dan sudah ditindaklanjuti. "Kemarin-kemarin 5 kubik sudah di gelontorkan, ditambah air hujan, " Ungkapnya. (Rud)