Rabu, Januari 22, 2020

Naik ke Tahapan Penyidikan, Tidak Lama Lagi Pejabat Karawang Bakal Jadi Tersangka

 

PELITAKARAWANG.COM - Naiknya status dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan terkait kasus dugaan korupsi yang melilit pajabat Dinas Pertanian (Distan) dan Dinas Pendidikan (Disdik) oleh Kejakasaan Negeri (Kejari) Karawang diapresiasi praktisi hukum flamboyan Karawang, Asep Agustian alias Asep Kuncir (Askun).
Asep Agustian/askun ( Praktisi Hukum)

Pasalnya, jarang terjadi dua atau lebih kasus dugaan tindak pidana korupsi dinaikan secara bersamaan dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan.
Bahkan, Askun optimis dengan naiknya ke tahap penyidikan, maka pejabat di dua OPD tersebut tidak lama lagi bakal menyandang gelar tersangka.
“Kalau sudah dinaikan ke status penyidikan, maka biasanya enggak lama lagi aka ada yang jadi tersangka,” ujarnya, Rabu (22/1/2020).
Askun meminta kepada sejumlah saksi dari dinas terkait yang akan dipanggil Kejari Karawang agar bersikap kooperatif dan jangan menutup-nutupi kasus tersebut karena bisa menyebabkan saksi pada akhirnya jadi tersangka.
“Apapun bentuk dan ceritanya, karena ini sudah tahap penyidikan, maka tidak lama lagi akan muncul tersangka,” ujarnya.
Menurut Askun, menentukan tersangka memang tidak mudah, namun tersangka akan terbentuk ketika nanti saksi dipanggil kembali dalam tahap penyidikan keterangannya berbeda, maka patut diduga saksi berbohong, sehingga ketika ada panggilan kembali saksi ditetapksan sebagai tersangka.
“Kalau memang saksi bukan sebagai pembuat kebijakan atau memang atas perintah atau atas surat edaran yang sekiranya penyebab kerugian Negara, tinggal buka saja dihadapan penyidik,” sarannya.
Askun menjelaskan, dari tingkat penyelidikan naik ke tingkat penyidikan lantaran penyelidik telah menemukan adanya unsur dugaan kerugian negara dan ada perbuatan (tindak korupsi). Jadi tidak serta-merta naik ke tahap penyidikan langsung ada tersangkanya.
“Kalau tidak ada unsur kerugian, maka penyelidikan akan dihentikan tidak naik ke tahap penyidikan,” pungkasnya.
sumber :  Prasastijabar.co,id

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top