Kamis, Januari 30, 2020

Tak Campuri Urusan Pencetakan Kertas Suara Pilkades, DPMD : Terserah Panitia !

 

PELITAKARAWANG.COM - Surat suara mulai pada tahapan pencetakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Karawang pastikan, instansinya tidak campuri urusan pencetakan kertas suara Pilkades. Karena, pengadaan surat suara calon kades tersebut, menjadi wewenang Panitia dengan pihak penyedia. 

Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan mengatakan, pencetakan surat suara menjadi wewenang masing-masing panitia, mereka bisa menseleksi penawaran terbaik, utamanya soal kualitas. Pihaknya, sebut Andry, hanya memberikan saran agar panitia 11 kerjasama dengan percetakan yang sudah biasa sebagai penyedia. Tapi urusan dengan CV atau PT mana, pihaknya tidak pernah memberikan arahan rekomendasinya. Hanya saja ia ingatkan, bahwa proses pencetakan surat suara diatur diperbup, bahwa serahterima surat suara dari penyedia ke panitia itu diberita acarakan yang diketahui tim kecamatan. Sehingga jumlahnya sebanyak DPT plus 2,5% untuk cadangan. Adapun mengenai keamanannya sebut Andry, setiap surat suara ditandatangani dan distempel oleh ketua. "Kita sarankan ke percetakan yang sudah biasa jadi penyedia, soal percetakannya yang mana, itu terserah panitia, DPMD tidak dalam kapasitas merekomendasikan, " Tandasnya.

Kabid Pemdes DPMD Karawang Encep Komarudin mengatakan, panitia memiliki wewenang penuh menunjuk percetakan untuk mencetak kertas suara Pilkades yang akan di gunakan 23 Februari mendatang. Itu diatur dalam Perbup Pilkades pasal 14 poin (K), dimana panitia Pilkades salah satu tugasnya adalah melakukan pengadaan kertas suara. Tentunya, harus dengan kulitas terbaik, adapun teknisnya diatur di pasal 43 dan 44. "Panitia berwenang melakukan pengadaan kertas suara, jadi silahkan itu urusan panitia, " Ungkapnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top