PELITAKARAWANG.COM-.Persebaya Surabaya berhasil keluar sebagai juara Piala Gubernur Jawa Timur, usai menggilas Persija Jakarta dengan skor telak 4-1 yang berlangsung di Stadion Gelor Delta, Sidoarjo, Jatim, Kamis (20/2) petang WIB.

Keempat gol Persebaya dicetak melalui Oktafianus Fernando menit ke empat, Makan Konate menit ke-52, Ricky Kambuaya, dan kran gol ditutup oleh Mahmoud Eid pada menit ke-79. Sedangkan gol penghibur Persija Jakarta dicetak oleh striker berpaspor Kroasia Marko Simic menit ke-43.

Saling tebak strategi kedua tim tampil hati-hati pada awal pertandingan berjalan. Namun, Persebaya langsung menyengat pada menit ke empat lewat kreasi tendangan Oktafianus Fernando.

Gol berawal dari umpan silang Alwi Slamat di sisi kiri yang menjangkau Makan Konate di seberangnya. Umpan tarik pemain asal Mali langsung disambut dengan sontekan manis Oktafianus dari jarak dekat yang tak bisa diantisipasi kiper Persija, Shahar Ginanjar. Skor 1-0 untuk Persebaya.

Persija mencoba peruntungan melalui striker mungil Riko Simanjuntak pada menit ke delapan, sayang tembaknnya hanya menerpa sisi samping jaring gawang Rivki Mokodompit.

Giliran Bajul Ijo kembali memberikan ancaman pada menit ke-15 melalui David da Silva. Beruntung, kali ini Shahar Ginanjar sigap dengan mengamankan sepakan lawan dalam situasi satu lawan satu.

Tensi mulai memanas memasuki pertengah babak. Persija harus bermain dengan 10 orang setelah bek Ryuji Utomo diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap David da Silva menit ke-31.

Makan Konate kembali menebar ancaman lewat eksekusi tendangan bebas menit ke-35 dari pinggir kotak penalti. Tetapi, Shahar Ginanjar mampu menunjukkan kelasnya. Ia sukses menghalau bola dengan aman.

Jelang turun minum Macan Kemayoran mampu menyamakan skor pada menit ke-43 lewat tandukan bomber andalan Marko Simic. Menyambut umpan tendangan penjuru Riko Simanjuntak, Simic dengan mudah terbang dan menyapu bola menggunakan kepalanya. Skor imbang 1-1pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki interval kedua Persebaya langsung tancap gas. Upaya untuk mencetak gol berhasil pada menit ke-52 setelah Konate merobek gawang Persija sekaligus mengubah skor menjadi 2-1.
Memanfaatka umpan pendek dari Hambali Tholib, Konate langsung merangsek masuk kotak penalti Persija dan melakukan tembakan mendatar.

Hanya berselang tiga menit, Green Force pendukung Persebaya kembali bergemuruh. Ricky Kambuaya membawa timnya unggul 3-1 lewat golnya usai menerima umpan Irfan Jaya.

Unggul 3-1 membuat permainan Persebaya lebih nyaman. Persija yang tak dapat mengantisipasi permainan setelah kehilangan satu pemain terlihat kesulitan. Kelemahan itu yang dimanfaatkan dengan baik oleh Persebaya.

Mereka berhasil mencetak gol keempat lewat Mahmoud Eid. Pesepak bola asal Palestina berdarah Swedia itu mendapatkan umpan dari Irfan Jaya dan langsung menembak bola ke tiang yang tak dapat diantisipasi Shahar Ginanjar.

Hingga peluit panjang berbunyi kedudukan 4-1untuk Persebaya tetap bertahan. Anak asuh Aji Santoso pun berhak keluar sebagai juara Piala Gubernur Jatim 2020. (ROL)