KABAR PILKADA

Belum Beroperasi, Pejabat Disdikpora Monitor BOS Afirmasi dan Kinerja

PELITAKARAWANG.COM
24/02/20, 13:50 WIB Last Updated 2020-02-24T07:13:55Z
PELITAKARAWANG.COM- Bantuan Biaya Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi mengguyur 8 SD Negeri di Kecamatan Cilamaya Kulon, sementara tiga SD Negeri lainnya, menerima bantuan Bos Kinerja yang mulai turun sejak Desember 2019 lalu. Bantuan hasil random Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk belanja modal berupa tablet elektronik, laptop dan infokus yang memuat aplikasi pembelajaran tersebut, rata-rata belum beroperasi optimal. Karenanya, memastikan sejauh mana optimalisasi bantuan Bos Afirmasi dan Kinerja ini di lapangan, pejabat Disdikpora melakukan pemeriksaan dan memonitor realisasi ke sekolah-sekolah sasaran. 

Hasan S.pd  Ketua PGRI Cabang Cilamaya Kulon yang juga Plt Kepsek SDN Sukamulya 3 mengatakan, bahwa di lingkungan Korwilcambidik Kecamatan Cilamaya Kulon, ada 8 SD penerima afirmasi dan 3 SD penerima BOS Kinerja. Pihaknya, menghaturkan terimakasih atas kepercayaan pemerintah pada sekolah di Cilamaya Kulon, betapapun harapannya, di bos ini bisa realisasi lebih luas lagi ke sekolah-sekolah lainnya. Adapun yang turun, berupa belanja modal, diakui Hasan, masih banyak sekolah belum mengoperasikan alat-alat seperti tablet, laptop hingga infokus tersebut, sebab tanpa teknisi, pihak sekolah juga keteteran untuk mengotak-atik aplikasi pembelajaran yang terbilang baru ini. "Masih ada yang dibungkus, belum di sentuh apa-apa. Karena kita juga bingung, setelah barang turun, terus kelanjutannya bagaimana masih menunggu arahan," Katanya.

Tim monitoring Afirmasi dan Kinerja  Disdikpora Munajat mengatakan,saat ini pihaknya minta diantar langsung ke lapangan, agar lebih detail tahu soal bagaimana perjalanan realisasi BOS Afirmasi dan Kinerja di Kecamatan Cilamaya Kulon. Pihaknya ditugaskan di beberapa tim garap monitoring di satu Kecamatan, agar selain laporan yang harus segera, juga operasinya harus jalan. Sekolah sasaran yang mendapatkan Bos ini, sebut Ajay, itu berdasarkan data dari dapodik pusat sebagai reward, bukan usulan koorwilcambidik maupun Dinas. Mungkin saja, sambung Ajat, pemerintah juga siapkan Bos ini untuk sekolah lain di tahun ini. Karenanya, ia sarankan pengerjaan di Dapodik bagi operator harap lebih baik lagi, karena penunjukan ini bukan usulan Dinas. "Kita ingin tahu detail di lapangan soal bagaimana realisasi dan perjalanan Bos afirmasi dan kinerja yang sudah turun ke sekolah sasaran ini, " Katanya.
Hadir dalam kesempatan monitoring tersebut, Koorwilcambidik Cilamaya Kulon, Popon Epon. (Rdi)


Berikut Penerima BOS Afirmasi dan Kinerja di Cilamaya Kulon: 

*SDN Manggingjaya 2
* SDN Muktijaya 1
* SDN Muktijaya 2
* SDN Pasirjya 1
* SDN Pasirjaya 2
* SDN Pasirukem 2
* SDN Sukamulya 1
* SDN Sukamulya 3
* SDN Bayurlor 1
* SDN Bayuror 2
* SDN Sumurgede 2
Komentar

Tampilkan

TERBARU LAINNYA

KABAR JAWA BARAT

+