Iklan

KABAR PILKADA

BMKG: Jawa Barat Akan Dilanda Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

PELITAKARAWANG.COM
17/02/20, 20:59 WIB Last Updated 2020-02-17T14:09:24Z

PELITAKARAWANG.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan akan adanya potensi cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan, khususnya di wilayah Jawa Barat (Jabar).

"Terpantau adanya indikasi potensi cuaca ekstrem yang dikarenakan adanya massa udara basah di lapisan rendah yang terkonsentrasi di sebagian wilayah Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat," kata prakirawan BMKG Jabar Retno Kartika, Senin (17/2).

Retno menambahkan, wilayah Jawa Barat juga merupakan daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang dan kuat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG, wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat selama tiga hari ke depan sebagai berikut:

Senin (17/2) di wilayah Depok, Bekasi, Cianjur, Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Garut, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu. Selasa, (18/2) di wilayah Depok, Purwakarta, Bekasi, Subang, Bandung, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Pangandaran.

Sementara di hari Rabu, (19/2) hujan akan melanda wilayah Depok, Bekasi, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, Garut, Subang, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, Ciamis, Pangandaran.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan disertai angin kencang dan petir adalah sebagai berikut:

Senin (17/2) di wilayah Bogor, Bandung, Purwakarta, Subang, Sumedang, Sukabumi. Selasa, (18/2) di daerah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Bandung, Sumedang, Kuningan. 

Adapun di hari Rabu, (19/2) hujan disertai Petir dan angin kencang akan melanda wilayah Bogor, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Bandung.

Sebelumnya BMKG memperkirakan cuaca ekstrem di Indonesia masih akan berlangsung hingga Maret mendatang.

Kendati demikian, Ketua BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan cuaca ekstrem terjadi tidak serempak, tetapi bergantian di seluruh Indonesia.

"Puncak musim hujan terjadi Februari sampai Maret, khusus Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah terjadi pada Januari hingga Februari," jelas Dwikorita.(cnn)
Komentar

Tampilkan

Terkini

BERITA SEPUTAR KARAWANG

+

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *