Rabu, Februari 05, 2020

Camat Basuki : Realisasi Musrenbang Harus Optimal Prioritasnya

 

PELITAKARAWANG.COM - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) sering di sebut hanya diatas kertas untuk memuji kewajiban rutin tahunan dalam ajuan. Tidak ingin realisasi nihil bahkan di alihkan serampangan, Camat Cilamaya Wetan Basuki Rachmat mewanti-wanti pejabat Pemkab untuk tidak sebatas seremonial menerima ajuan dalam Musrenbang, menyusul komitmen dibalik ajuan, baik dari masyarakat dan pemerintah desa banjir harapan realisasinya yang optimal.


"Saya tidak ingin Musrenbang jadi seremonial saja. Karena baik Kades dan Muspika, semua ajuan itu diharapkan bisa di realisasikan di tahun 2021, " Katanya. 

Basuki menambahkan, desa-desa selama ini di arahkan untuk memetakan skema prioritas pembangunan, sehingga pemilahan lokasi yang di masukan desa dalam draft, benar-benar sangat di butuhkan. Sehingga, yang di sebut prioritas itu, diharapkan ada tindaklanjut kepastian realisasi dari tim Musrenbang. Jangan sampai ada istilah, di ajukan berulanh-ulang, atau bahkan di alihkan ke lokasi lain. Untuk itu, dalam giat Musrenbang, diharapkan bukan sebatas memenuhi kewajiban rutin saja, tapi ada skala prioritas yang benar-benar terasa realisasinya di tahun - tahun mendatang, karena Musrenbang adalah perencanaan final. "Yang skala prioritas itu yang harus jadi perhatian dan wajib realisasi, "ungkapnya. 

Senada dikatakan Kades Muara, Iyos Rosita, menurutnya, Musrenbang selalu di identikan dengan catatam ajuan di atas kertas. Realisasi atau tidak, selalu ada istilah kembali lagi pada kecekatan para Kades dalam mengawal dan menjemput program yang sudah diajukan tersebut. "Banyak ajuan, kalau tidak di kawal masif mah juga selalu meleset, " Keluhnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top