PELITAKARAWANG.COM - Sebanyak 27 peserta Konser Goes To HAPMI Jawa Barat Pop Singer Tahun 2020 yang diselenggarakan  Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Karawang berlangsung sukses.


Festival yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 22 - 23 Februari 2020 di Sekretariat HAPMI beralamat Perumahan Graha Karawang Blok A No.3 menghasilan juara yang siap mewakili HAPMI Karawang di tingkat Jawa Barat.

Ketua Pelaksana Festival Pop Singer, Ny. Tyan Andryan, mengatakan kegiatan berlangsung sukses sampai ada juaranya.

"Alhamdulillah acaranya sukses dan lancar," katanya disela-sela kegiatan.

Ditempat yang sama, H.Nandang Hanafi merupakan Sekretaris HAPMI Karawang, menjelaskan lebih rinci. Pasalnya festival Pop Singer merupakan program pengurus HAPMI. Tujuannya menyiapkan penyanyi yang berkualitas untuk mewakili HAPMI Karawang di tingkat Jawa Barat.

Ia mengatakan, festival ini dengan peserta asli Karawang. Kategori yang dilombakan ada lima kategori Pop Singer. Adalah pertama remaja putri, tingkat dewasa pria dan wanita serta golden memories pria dan wanita.

Nandang mengundang dewan juri yang professional dalam bidangnya dari luar Karawang untuk menjaga netralitas. Sehingga penilaian yang diberikan juri sesuai kualitas peserta.

"Dewan juri itu dua orang dari HAPMI Jawa Barat, Pak Yan Hartland dan Bu Rina Ruslan. Juga Pak Agus Pamudji dari Purwakarta. Juri ini memiliki sertifikasi tingkat nasional bersifat independent, sehingga festival Pop Singet fair tidak ada keberpihakan," katanya.

Bagi yang juara Pop Singer, Nandang menjelaskan akan dibina HAPMI Karawang selama satu bulan. Nantinya pada April 2020 akan mengikuti audisi Pop Singer tingkat Jawa Barat mewakili HAMPI Karawang.

Nandang berharap peserta yang juara Pop Singer tingkat Kabupaten menyiapkan diri dan fokus persiapan audisi di Jawa Barat.

"Fesrival ini jenjang karir. Kita ambil peserta dari lima kategori itu juara satu dan dua. Nanti dibina selama satu bulan oleh HAPMI persiapan audisi tingkatJabar sampai matang dan siap juara. Hal ini merupakan visi dan misi dari kami," kata Nandang lagi.

Sementara, H.Achmad Djohansyah, Ketua HAPMI Karawang mengaku optimis bila peserta asal Karawang masuk tiga besar di audisi tingkat Jawa Barat. Meski baru lima bulan HAMPI Karawang terbentuk, namun Karawang bisa bicara dalam audisi di level Jawa Barat.

"Target kita masuk peringkat dua atau tiga. Masuk tiga besar di level Jawa Barat. Memang secara kualitas, HAPMI di luar Karawang cukup lama bediri serta pengalaman cukup mempuni. Tapi kita targetkan Karawang masuk tiga besar di level Jawa Barat," ungkap H.Djohan optimis.

Penjaringan peserta audisi, ia menambahkan secara tertutup. Mengingat waktu audisi di Jawa Barat sebentar lagi, sehingga penjaringan festival tingkat Karawang tidak terbuka untuk umun.

"Karena waktunya sangat terbatas kami lakukan penjaringan tertutup. Meski begitu, diharapkan peserta yang mewakili Karawang bisa bicara di level Jawa Barat. Membawa nama baik Karawang," harapnya.

Terakhir ia menyampaikan, dalam kopetisi hal bisa kalah dan menang. Sebab itu, yang menang tetap berlatih kembali secara matang untuk persiapan tingkat Jawa Barat. Kemudian yang belum juara agar tetap semangat lagi untuk persiapan festival dimassa depan.

"Ilmu yang diberikan dewan juri bisa diaplikasikan dan berlatih lagi sampai mantap. Dan bagi yang bergabung kami terbuka untuk umum, HAPMI rumahnya artis penyanyi dan musisi," ujarnya.

Selain itu, salah satu dewan juri festival Pop Singer HAPMI Karawang, Rina Ruslan menyebutkan potensi peserta Karawang cukup berkualitas hanya saja tinggal pembinaan lebih serius lagi, khususnya kategori remaja.

Namun demikian untuk kategori dewasa dan golden memory tinggal poles sedikit saja, karena sudah cukup baik.

"Peserta keseluruhan sudah cukup baik. Tinggal pembinaan saja. Apalagi nanti festival di tingkat Jabar, tentunya banyak penyanyi bagus. Oleh karenanya pembinaan yang fokus," kata Rina, seraya menyatakan jika penilaian audisi itu dari materi vokal, teknik vokal, dan penampilan dari peserta.

Ia berpesan agar peserta terus menggali potensi agar suara berbeda dengan yang lain, kemudian pembawaan dan penambilan dipantau agar tidak salah kostum atau make up.

"Semoga setelah adanya pembianaan ada suara yang menggereget sesuai harapan saya dimassa kekinian. Untuk peserta yang akan audisi di Jabar bisa persiapan lagi. Jaga etika jangan mengedepankan ego, nyanyi-nya lebih ikhlas lagi dan mengikuti arahan dewan juri atau HAPMI," pungkasnya.

*Berikut Nama-nama Juara Pop Singer HAPMI Karawang

Kategori Remaja Putri
Glori Victoria Juara I
Asri Maria Juara II

Kategori Dewasa Wanita
Galuh Indrajita Juara I
Ayda Lailatujanah Juara II 

Kategori Dewasa Pri
Yana Setia Permana Juara I
Opa Juara II

Kategori Golden Memories Wanita
Dwi Handayani Juara I
Linda Dwi Kusumawati Juara II

Kategori Golden Memories Pria
Dodi Subardjo Juara I
Luqmana Budi Setiawan Juara II