Selasa, Februari 04, 2020

Karawang Dijadikan 'Silicon Valley' Rp 100 T, Duit dari Mana?

 


PELITAKARAWANG COM - Kawasan sekitar Jabodetabek disiapkan jadi distrik-distrik untuk pengembangan industri kreatif. Di dunia, terkenal ada kawasan industri kreatif yaitu Silicon Valley di California.

Presiden Jokowi pada masa pemerintahan jilid kedua sudah punya proyek 'super' prioritas untuk 2020-2024 yang dirilis Bappenas. Proyek prioritas strategis periode 2020-2024 yang mencakup 41 proyek.

Salah satunya adalah pengembangan konsep kota kreatif di beberapa lokasi sekitar Jabodetabek. Berdasarkan data Bappenas, nama proyek ini adalah Be Creative District di wilayah Maja dan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Selain itu, ada di Karawang, Jawa Barat.

Konsep kreatif proyek ini memang belum dapat penjelasan lebih lanjut, tapi ditargetkan bisa mendukung investasi sebesar Rp 90 triliun. Juga penciptaan 2 juta lapangan kerja baru di bidang ekonomi kreatif. Konsep semacam ini sudah lazim di negara maju seperti di AS ada kawasan Silicon Valley.

Total proyek ini ditargetkan membutuhkan dana sampai Rp 100,3 triliun. Pembagiannya antara lain Rp 300 miliar dari APBN, Rp 10 triliun dari Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dan mayoritas Rp 90 triliun dari swasta dan BUMN.

Pelaksana proyek ini mencakup kementerian PUPR, BUMN atau swasta.


Sumber : cnbcindonesia

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top