Minggu, Februari 09, 2020

Ketahui Penyebab Muntah Darah Karena Minum Alkohol

 

PELITAKARAWANG.COM - Muntah saat mabuk minuman beralkohol mungkin sudah jadi hal biasa. Tapi yang menjadi tak biasa adalah bila muntahnya berupa darah!

Kondisi itu pasti cukup membuat Anda tersadar, meski sebelumnya dalam keadaan teler. Menanggapi kondisi muntah darah karena alkohol, beginilah penjelasan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Tukak Lambung yang Parah

Sebenarnya, ada banyak kemungkinan yang bisa melatarbelakangi muntah darah. Namun, dr. Sepriani mengatakan, jika kasusnya karena alkohol, umumnya ada dua penyebab spesifik, yaitu luka di saluran pencernaan, khususnya tukak lambung, serta pecah varises esofagus.

“Biasanya, muntah darah karena alkohol yang dialami oleh seseorang dipicu oleh kondisi medis yang sebelumnya sudah dimiliki, misalnya tukak lambung. Ciri-ciri tukak lambung yang sudah parah ialah muntah darah. Sementara, alkohol adalah minuman yang bisa merangsang asam lambung dan membuat iritasi lambung makin parah,” jelas dr. Sepriani.

“Ketika tukak lambung yang parah itu terkena alkohol terus-menerus, luka akan menjadi-jadi, dan ketika si penderitanya muntah, yang keluar justru darah, bukan sekadar cairan atau sisa makanan!” tambahnya.

Ini juga bisa dipengaruhi oleh jumlah alkohol yang terlalu banyak diminum. Makin banyak alkohol yang diminum, penyakit tukak lambung berubah akut dan bikin seseorang muntah darah.

Apabila seseorang itu peminum “lama”, plus perokok berat selama bertahun-tahun, kemungkinan penyebabnya adalah pecah varises esofagus.

Kondisi ini adalah pembesaran abnormal pada vena yang terletak pada esofagus atau kerongkongan. Hal ini terjadi akibat hipertensi portal, yaitu meningkatnya tekanan di dalam vena porta.

Dokter Sepri juga mengatakan, pecah varises esofagus terjadi saat peminum berat itu sudah memiliki kerusakan hati atau sirosis hati. Sirosis hati merupakan jaringan parut yang terjadi pada hati akibat kerusakan jangka panjang.

Nah, gejala sirosis hati tidak muncul di tahap awal. Semakin rusak organ hati, barulah gangguan tersebut menunjukkan gejala, salah satunya muntah darah.(klikdokter)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top