PELITAKARAWANG.COM-.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan, dalam dunia pendidikan ada tiga dosa. Ketiga dosa tersebut menurutnya sudah tak bisa diterima lagi dan harus hilang dari dunia pendidikan Indonesia.

"Buat saya ada tiga dosa. Dosa intoleransi, dosa kekerasan seksual, dan dosa bullying," ujar Nadiem di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (20/2).

Menurutnya, tiga dosa tersebut harus hilang dari dunia pendidikan. Namun ia juga mengerti bahwa itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. "Saya harus menemukan bagaimana formulanya, karena ini bukan hanya di saya, tapi lintas kementerian," kata Nadiem.

Meski begitu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berusaha mencari jalan untuk menghilangkan tiga dosa pendidikan. Pemerintah pusat, daerah, dan lembaga terkait juga diminta untuk bekerja sama untuk saling berkoordinasi.

"Kita bisa bukan hanya penguatan karakter dan mengimbau dan melatih, tapi juga harus ada tindakan tegas yang bisa dilakukan di setiap jenjang terhadap tiga dosa ini," ujar Nadiem.

Kemendikbud juga sudah menerima pendapat dari berbagai pihak untuk membuat pedoman penangangan kekerasan. Meski pada sejumlah hal, pihaknya sudah memiliki sejumlah peraturan yang tegas.

"Tolong berikan kami waktu untuk menemukan jalan keluarnya. Ini udah menjadi suatu wabah yang luar biasa parah, tiga-tiganya ya, semuanya," ujar Nadiem. (rol)