PELITAKARAWANG.COM-.Massa gabungan dari Front Pembela Islam (FPI), GNPF Ulama, dan Alumni Persaudaraan (PA) 212 akan menggelar aksi di depan Istana besok siang. Menko Polhukam Mahfud Md mengimbau agar aksi dilakukan dengan tertib.
"Ya tertib saja, dilakukan dengan tertib," kata Mahfud setelah menghadiri pertemuan dengan MUI seperti dilansir Antara, Kamis (20/2/2020).
Aksi 212 rencananya digelar pukul 13.30 WIB atau setelah salat Jumat. Peserta aksi diimbau salat Jumat di masjid sekitar Patung Kuda.
Lokasi aksi mengambil tempat di Patung Kuda dan Istana Negara. Untuk estimasi massa, pihak penyelenggara menyebut masih melakukan konsolidasi.
Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya telah menerima surat pemberitahuan terkait aksi tersebut. Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan pengamanan untuk mengawal aksi itu.
"Pemberitahuannya sudah (ada) kemarin," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (20/2/2020).
Pengamanan akan dilakukan oleh Polres Jakarta Pusat yang dibantu oleh Personel dari Polda Metro Jaya dan TNI. Namun Yusri tidak memastikan berapa jumlah personel yang akan dilibatkan untuk pengamanan aksi tersebut.
"Nanti kita lihat saja. Nanti kita bilang pasang 10 ribu yang datang cuma 20 orang kan gimana, 10 ribu sama 20 orang kan nggak imbang banget," katanya.