• Jelajahi

    Copyright © PELITA KARAWANG
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KABAR PILKADA

    Reses DPRD, Warga Sindir Sulitnya Dapat Modal Usaha Dari Pemkab

    PELITAKARAWANG.COM
    12/02/20, 15:26 WIB Last Updated 2020-02-12T08:26:04Z

    PELITAKARAWANG.COM - Usia produktif tanpa kerjaan, bisa jadi mubadzir. Sementara, wadah untuk menaungi wirausaha di berbagai komunitas, masih sulit di dapati dari kebijakan pemerintah dan perbankan. Selain agunan, beragam syarat pengajuan modal lintas rekomendasi instansi tersebut, juga masih membebani masyarakat Karawang. 


    "Lebih mudah ke bank Emok, cukup KTP dan KK pinjam Rp10 juta juga cair. Kalau pinjaum duit pemerintah, harus tandatangan Kades, Camat dan lainnya, pake agunan juga. Darimana berpihaknya? " Tanya warga Desa Lemahmukti Kecamatan Lemahabang, Karwati di sela-sela Reses DPRD Dapil IV, Rabu (12/2).

    Masyarakat, khususnya kaum ibu, sebutnya, menanti janji pemberantasan bank Emok dari Pemkab. Ketika ada bantuan modal di gulirkan dengan berbagai syarat, bank Emok malah semakin melonggarkan syarat betapapun bunga yang di patok memang tanggung renteng dan tinggi. Keresahan ini, sebutnya, harus di jawab Pemkab, kapan realisiasi penutupan bank-bank tersebut. "Makin menjamur mah iya, karena pemerintah gak bisa ngasih modal dengan kemudahan syarat seperti bank Emok sih, " Sindirnya. 

    Menyikapi itu, Anggota DPRD Komisi II DPRD Karawang Fraksi Partai Golkar, Ir Teddy Luthfiana mengakui, sulitnya Pemkab gelontorkan pada usaha ekonomi keluarga. Empat tahun terakhir, bantuan sosial (Bansos) di hapus karena dianggap banyak sasaran fiktif, dan mengharuskan saat ini berbadan hukum Kemenkumham. Jadi, Pemkab harusnya memang memikirkan kembali formulasi dan sistem agar permodalan usaha ini bisa di gulirkan dengan akses lebih mudah dibanding bank Emok. Dirinya sebut Tedy, bukan sekali dua kali menerima keluhan semacam ini saat reses, tapi hampir setiap kali reses. Karenanya, Anggota DPRD juga sudah berulang kali memarahi instansi terkait agar beri solusi dan jalan keluar bagi masyarakat keluar dari jeratan bank Emok. "Sesekali ada bantuan, tapi harus dengan agunan dan syarat yang memberatkan. Ini yang seharusnya di evaluasi, " Katanya
     (Rdi)
    Komentar

    Tampilkan

    TERBARU LAINNYA