PELITAKARAWANG.COM-.Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menemui warga terdampak banjir di Kabupaten Subang, Rabu (26/02/2020). Dari Subang, Wagub kemudian mendatangi wilayah banjir di Kabupaten Karawang.
Kedatangan singkat Wagub Uu untuk memberikan semangat kepada warga terdampak banjir sekaligus menyerahkan bantuan.Wagub memberikan bantuan secara simbolis kepada warga yang mengungsi di Kecamatan Pamanukan, Kab. Subang. Pertemuan berlangsung singkat tanpa dialog dengan warga karena harus bergiliran meninjau wilayah Karawang.

Setelah Emil, Giliran Wakil Gubernur Kunjungi Banjir Karangligar Siang Ini

Ia menegaskan Pemprov Jabar terus memberikan perhatian kepada warga korban banjir sebagai bentuk kehadiran pemerintah kepada warganya.
Untuk diketahui, bantuan telah disalurkan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Jabar berupa bantuan logistik ke sejumlah daerah terdampak bencana banjir. 
Selain mendirikan posko dapur, Dinsos Jabar mendistribusikan makanan siap saji, makanan anak, tenda gulung, selimut, kasur, tas sekolah, dan perlengkapan alat mandi.
Di halaman Kecamatan Pamanukan sendiri nampak posko Basarnas sudah didirikan, dua tenda besar menjadi tempat perlindungan sementara warga terdampak banjir di Kecamatan Pamanukan, Subang.
Kepala Dinsos Jabar Dodo Suhendar menyatakan, bantuan logistik intens disalurkan Dinsos Jabar agar kebutuhan pokok masyarakat terdampak banjir bisa terpenuhi.

Ridwan Kamil Akhirnya Batalkan Kunjungan ke Dua Negara

"Tim sudah kami kirim ke daerah-daerah yang tergenang banjir. Mereka akan berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk mendata, dan membuat daftar logistik yang dibutuhkan. Semua kebutuhan warga harus terpenuhi," kata Dodo, Rabu (26/2/20).

DiBandung Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat (Jabar) Hermansyah mengatakan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan membatalkan perjalanan dinas untuk mengkoordinasikan penanganan banjir di sejumlah daerah Jabar secara langsung.

"Gubernur mempersingkat perjalanan dinas karena atas situasi tidak terduga, beberapa daerah di Jawa Barat terkena banjir," kata Hermansyah di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (26/2/20).
Menurut Hermansyah, setelah mendarat di Jabar, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil akan meninjau langsung daerah yang terkena banjir sekaligus membawa kebutuhan logistik. Kemudian, kata Hermansyah, Kang Emil bakal berkoordinasi dengan semua pihak agar penanganan banjir cepat dan tepat. 
"Setelah meninjau, gubernur bakal berkoordinasi langsung dengan semua perangkat daerah, pemerintah kabupaten/kota, TNI, Polri, dan pihak terkait lain. Itu dilakukan untuk mempercepat dan memastikan penanganan banjir berjalan baik," ucapnya.
Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Setda Provinsi Jabar Dani Ramdan mengatakan, perjalanan dinas bertujuan meningkatkan kerja sama di berbagai sektor, mempromosikan Jabar kepada investor potensial sekaligus memperluas pasar kopi Jabar.
"Tentu kunjungan-kunjungan kerja tersebut dipastikan membawa kebermanfaatan bagi pembangunan dan masyarakat. Salah satunya menjajaki berbagai peluang kerja sama bilateral," kata Dani.
Terkait kunjungan kerja Kang Emil ke Australia, menurut Dani, akan berdampak positif bagi warga Jabar, salah satunya MoU untuk membuka kerja sama antara pengusaha kopi asal Jabar dengan importir dari Victoria.
"Selain itu ada juga diskusi dengan Melbourne University untuk membicarakan pembangunan inklusif dan revitalisasi Citarum," kata Dani.**TS