PELITAKARAWANG.COM-.Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Taufik Basari mengingatkan agar langkah pencegahan tetap dilaksanakan terhadap warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dari ancaman virus corona atau covid-19.
NasDem Ingatkan Pemerintah Tinjau Penyebaran Covid-19 di Lapas
"Kita tahu, warga binaan memiliki akses terbatas akan layanan kesehatan. Mengingat lapas di Indonesia mengalami masalah kelebihan kapasitas dan persebaran covid-19 sangat cepat, maka jika kesehatan warga binaan tidak menjadi perhatian pemerintah, saya khawatir kita akan kewalahan menanganinya," ujar Taufik dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/3).Baca juga:Menghadapi Corona:Presiden Perintahkan Ini Kepada Seluruh Gubernur,Bupati&Walikota!!!
Legislator NasDem itu menyebutkan, beberapa hal yang perlu terus dilakukan di lapas, yaitu pemeriksaan suhu tubuh dan kondisi fisik narapidana (napi) secara rutin. 

"Menyiapkan hand sanitizer atau sabun pencuci tangan, mengedukasi napi terkait cara mengantisipasi persebaran virus corona, hingga menyiapkan ruangan isolasi untuk warga binaan yang diindikasi terinfeksi covid-19 atau masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP)," lanjutnya. 

Taufik menjelaskan, tidak hanya terhadap warga binaan, pemeriksaan kesehatan juga harus dilakukan kepada tamu yang berkunjung dan petugas lapas. Penting memastikan area lapas steril dari orang yang mungkin membawa virus tersebut dari luar. 

"Dalam kasus covid-19 ini, keselamatan warga binaan sangat bergantung pada kesigapan pemerintah dalam mencegah persebarannya," pungkasnya.**HH