• Jelajahi

    Copyright © PELITA KARAWANG
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KABAR PILKADA

    Minta Maaf, Raja Belanda Akui Kekerasan Perang di Indonesia

    PELITAKARAWANG.COM
    10/03/20, 18:53 WIB Last Updated 2020-03-10T12:00:45Z

    PELITAKARAWANG.COM-.Raja Belanda Willem-Alexander secara terbuka mengakui kekerasan perang yang telah mereka lakukan di Indonesia 75 tahun lalu. Pernyataan ini disampaikan di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

     Raja Belanda Willem-Alexander bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa, 10 Maret 2020. Foto: AFP
    "Masa lalu tidak bisa dihapus dan harus diakui oleh setiap generasi secara bergantian," tutur Raja Willem-Alexander di Istana Bogor, Selasa 10 Maret 2020.
    "Pada tahun-tahun segera setelah proklamasi, pemisahan yang menyakitkan terjadi dan menelan banyak korban jiwa. Sejalan dengan pernyataan sebelumnya oleh pemerintah saya, saya ingin menyampaikan penyesalan dan permintaan maaf saya atas kekerasan berlebihan dari pihak Belanda pada tahun-tahun itu," imbuhnya.

    Willem-Alexander mengakui dia melakukannya dengan kesadaran penuh dengan mempertimbangkan kesedihan keluarga yang terkena dampaknya. Dia menambahkan, ini adalah tanda harapan dan dorongan dari persahabatan Indonesia dan Belanda.

    "Ini adalah tanda harapan dan dorongan bahwa negara-negara yang pernah berada di sisi yang berlawanan telah mampu tumbuh lebih dekat dan mengembangkan hubungan baru berdasarkan rasa hormat, kepercayaan dan persahabatan," ungkapnya.
    Menurutnya, ikatan antara Indonesia-Belanda semakin kuat dari waktu ke waktu. Hal tersebut membawa kesenangan bagi Belanda.
    "Banyak orang di Belanda merasakan hubungan yang mendalam dengan Indonesia. Sangat memuaskan bahwa semakin banyak anak muda Indonesia yang menunjukkan minat terhadap negara kita," serunya.
    Raja Belanda ini menginginkan kerja sama antara kedua negara semakin erat di berbagai bidang, seperti sains, ekonomi, pengelolaan air, perlindungan alam, dan iklim.
    "Di hari-hari mendatang, saya dan istri akan mengunjungi contoh kemitraan semacam itu, dan kami sangat menantikannya," pungkas dia.Baca juga:

    Keris Pangeran Diponegoro Dikembalikan ke Indonesia


    Raja Belanda Willem-Alexander melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 9 hingga 13 Maret 2020. Selain di Jakarta, Raja Willem-Alexander akan berkunjung ke sejumlah tempat, seperti Yogyakarta, Palangkaraya, dan Medan.
    Raja Willem-Alexander didampingi Ratu Maxima, tiga menteri, dan hampir 200 pengusaha. Sebelum ke Istana Bogor, Raja Willem dan Ratu Maxima melakukan layatan kenegaraan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.
    Komentar

    Tampilkan

    TERBARU LAINNYA