• Jelajahi

    Copyright © PELITA KARAWANG
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KABAR PILKADA

    Paceklik, Kades Sukajaya Surati Bank Emok

    PELITAKARAWANG.COM
    26/03/20, 14:45 WIB Last Updated 2020-03-28T09:46:50Z
    PELITAKARAWANG.COM - Paceklik benar-benar melanda masyarakat nelayan di Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon. Selain di landa krisis akibat Covid-19, tangkapan rajungan yang nyaris tidak laku karena harga anjlok, membuat penghasilan keluarga nelayan merosot drastis. Akibatnya, beberapa ibu-ibu nelayan, sempat mendatangi kantor desa agar tagihan perbankan dan cicilan kredit lainnya, bisa di tangguhkan sementara. 

    "Kita di datangi ibu-ibu, pendapatan keluarga mereka itu anjlok akibat diam dirumah tak berpenghasilan, melaut juga rajungan anjlok harganya. Jadi kita diminta beri solusi menyikapi cicilan perbankan, " Kata Kades Sukajaya Abdul Ghofur Astra kepada pelitakarawang.com, Kamis (25/3).

    Atas dasar itu, ia membuat surat yang langsung ditandatanganinya dan di tujukan ke sejumlah perbankan, koperasi dan bank emok, agar menangguhkan cicilan kredit masyarakat selama setahun. Itu, di kuatkan melalui intruksi presiden RI Jokowidodo yang sudah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BI agar menghentikan sementara cicilan kredit masyarakat, agar daya beli tetap stabil. "Saya inisiatif setelah mereka komplain, karena memang dampak Covid -19 ini sangat di rasakan, apalagi, harga rajungan anjlok di titik terendahnya dengan kisaran Rp20 ribu perkilogramnya, dari mana warga dapat uang bayar cicilan, " Katanya. 

    Rajungan di Pasirputih itu, kualitas Ekspor, sementara sebut Ghofur, negara tujuan ekspor sedang melakukan lock down akibat wabah Corona. Bahkan, edaran dari Kementrian juga diimbau agar masyarakat bubu jaring rajungan bisa reposisi tangkapannnya ke jenias varietas ikan lainnya. Maka wajar, dampak yang dirasakan nelayan sangat besar, sehingga pendapatan mereka turun drastis. Oleh karenanya, ia Surati beberapa Bank baik bank syariah, konvensional, UPK eks PNPM, maupun koperasi yang akrab di sebut bank Emok lainnya, agar menangguhkan sementara cicilan kredit warga Pasirputih. 

    Sebagaimana arahan Presiden Jokowidodo yang kedepan mungkin akan di tindaklanjuti lewat surat OJK dan BI. "Cicilan warga harus di setop dulu, kita Surati semua bank, agar memberi toleransi sebagaimana instruksi presiden, " Pungkasnya. (Rdi)
    Komentar

    Tampilkan

    TERBARU LAINNYA