KABAR PILKADA

PT Pupuk Kujang Klaim Sudah Kantongi Izin Lahan Ternak Sapi

PELITAKARAWANG.COM
17/03/20, 12:59 WIB Last Updated 2020-03-17T05:59:38Z
PELITAKARAWANG.COM - Anggota Komisi II DPRD Karawang, sempat memberondong pertanyaan terkait lahan ternak sapi yang di gagas PT Pupuk Kujang di sela-sela Kunjungan di Dinas Pertanian, Senin (16/3). Selain menduga tidak sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), luas lahan tersebut juga masih belum detail di buka soal perizinan peruntukan Rumah Potong Hewan (RPH). Namun, pernyataan itu, di bantah Manajer Komunikasi PT Pupuk Kujang, Indra Gunawan, Selasa (17/3). Kepada pelitakarawang.com, Indra mengaku, PT Pupik Kujang sudah memiliki izin penggunaan lahan untuk pemeliharaan hewan sapi untuk memenuhi kebutuhan riset perusahaan. Namun, saat disinggung nomor surat izin, Indra menyebut, bahwa nomor surat itu ada dan perlu dikonfirmasi lanjutan ke bagian hukum. 

" PT Pupuk Kujang sudah memiliki ijin penggunaan lahan untuk pemeliharaan hewan sapi untuk kebutuhan riset perusahaan, Nomornya perlu saya cari dulu ke bagian hukum, " Katanya. 

Indra menambahkan, diawal tahun Januari 2020, PT Pupuk Kujang sudah mengajukan ijin RTRW terkait perubahan alih fungsi lahan ke pemerintah daerah Kabupatan Karawang. Ijin tersebut, juga dibutuhkan terkait dengan pengembangan ekowisata taman keanekaragaman hayati di kawasan industri kujang Cikampek. Kemudian, terkait dengan RPH (rumah potong hewan) atau pengolahan daging terpadu, saat ini juga sedang dalam proses pengajuan perijinan. Hal ini juga terkait rencana kedepan akan mengembangkan unit Pengolahan Daging Terpadu guna mendukung program Pemerintah Karawang tentang pemenuhan kebutuhan daging di Karawang. "Untuk RPH atau pengolahan daging terpadu, juga sedang dalam pengajian perizinan, " Sebutnya.

Lebih jauh Indra memastikan, PT Pupuk Kujang baru akan mulai proyek pengembangan tersebut setelah ijin dipastikan keluar, sementara untuk ijin kebutuhan riset sudah berjalan lebih dari 4 tahun. "Kita akan mulai proyek pengembangan itu, setelah ijin keluar, " Ujarnya. (Rdi)
Komentar

Tampilkan

Terkini