PELITAKARAWANG.COM-.Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akan mengembalikan segala biaya jamaah umrah yang gagal berangkat. Berdasarkan informasi, biaya komponen umrah itu mulai dari, biaya layanan jamaah seperti visa dan biaya lainnya ke Masjid Nabawi.

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (2/3), biaya itu diberikan Kerajaan karena penangguhan ibadah akibat kekhawatiran corona. Dalam pernyataan lainnya, kementerian juga menyebut, ada mekanisme elektronik dalam pengembalian uang tersebut. Utamanya untuk pengembalian biaya visa dan pelayanan melalui agen umrah di masing-masing negara keberangkatan.

Kementerian mendesak semua jamaah terdampak untuk segera mengklaim pengembalian visa dan layanan lainnya. Jamaah dapat menghubungi agen umrah lokal sebagai langkah pertama.

Mereka menegaskan, jika ada pertanyaan lanjutan yang dirasa perlu, pihak terkait bisa menghubungi pusat layanan di kementerian melalui nomor telepon 00966-920002814 atau ID email mohcc@haj.gov.sa

Hingga kini, Arab Saudi untuk sementara masih akan menangguhkan izin masuk ke negaranya, bagi setiap orang dari luar negeri, baik untuk jamaah umroh atau turis. Bahkan, Saudi juga telah menangguhkan masuknya pemegang visa bagi turis. Pengumuman tersebut juga diikuti penangguhan sementara, bagi masuknya warga dari negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) ke kota-kota suci Makkah dan Madinah.***ihram