PELITAKARAWANG.COM-.Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tengah mematangkan skema untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat di tengah pandemi virus korona (covid-19). Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah pekerja di sektor informal.

"Kita masih melihat di sektor informal untuk mendukungnya. Namun dalam bentuk bantuan langsung tunai melalui database yang ada untuk bisa bantu masyarakat," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.
Dirinya menambahkan, bantuan pemerintah ini diharapkan bisa membantu mereka yang tidak bisa bekerja karena penyebaran virus korona yang cukup masif. Apalagi pemerintah juga menganjurkan untuk bekerja dari rumah alias work from home demi mencegah penyebaran korona di masyarakat.


"Agar bisa mengikuti arahan dan pedoman pemerintah yakni mengurangi interaksi dan aktivitas dan tidak kumpul sehingga bisa memerangi kemungkinan penyebaran virus. Tapi mereka tetap bisa mendapatkan kebutuhan barang-barang pokok terutama pekerja harian," jelasnya.

 Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Medcom.id
Selain itu, pemerintah juga tengah mencari cara untuk memberikan jaminan sosial (social safety net) melalui berbagai tahapan yang ada. Pemerintah saat ini memiliki bantuan kepada masyarakat langsung melalui program keluarga harapan (PKH) hingga kartu sembako.
"Mulai gunakan PKH 10 juta keluarga plus untuk bantuan sosial seperti (kartu) sembako 15 juta (keluarga penerima manfaat). Sedang dibahas mengenai apakah jumlah keluarga ditambah, dari sisi manfaat juga akan dinaikkan. Sedang dihitung untuk bisa segera kita hitung anggaran," pungkas dia.***medcom