PELITAKARAWANG.COM-.Wakil Bupati Karawag, H. Ahmad Zamakhsyari, meninjau lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kamis (12/4/2020).

Wabup terjun langsung ke lokasi untuk mengecek langsung kondisi terkini TPAS Jalupang. Dari hasil amatan wabup, TPAS Jalupang sudah hampir overload untuk menampung sampah Karawang.

Didampingi Kepala Bidang Kebersihan DLHK Karawang, Guruh Sapta, Camat Kotabaru, Dedi Setiadi dan Kades Wancimekar, Alih Miharja, Wabup menelusuri kawasan TPAS Jalupang menggunakan sepeda motor trail.

Usai meninjau lokasi, Wabup meminta agar pengelolaan sampah di Jalupang sudah harus dipihakketigakan. Karena sampah tersebut harus dikelola dengan baik. "Di daerah lain sampah bisa jadi energi. Kenapa kita kok tidak bisa," kata Wabup.

Menurut Wabup, penyelesaian sampah hanya dengan tiga hal saja. Yakni yang pertama mengembalikan budaya gotong royong di rumah warga. Yang ke dua, pengelolaan jalupang secara profesional dan memberikan honor yang layak untuk pejuang TPS.

Sementara, Kabid Kebersihan, Guruh Sapta mengatakan bahwa sampah-sampah yang ada di Jalupang tak hanya menampung sampah yang diangkut oleh DLHK saja. Tapi juga sampah dari pihak swasta yang diangkut dari TPS-TPS. **tspem