Bupati Karawang Diminta Kerahkan Semua PNS Untuk Sosialisasikan Bahaya Virus Corona

Bupati Karawang Diminta Kerahkan Semua PNS Untuk Sosialisasikan Bahaya Virus Corona

PELITAKARAWANG.COM
Saturday, April 25, 2020

Kebanyakan masyarakat belum sadar kalau pemerintah sudah kocar-kacir untuk mengatasi wabah Pandemi Corona di Tanah Air termasuk di Karawang.


Saya pribadi menterjemahkan dengan normal saja untuk masih maraknya orang berkerumun atau masih menjalankan ibadah tarawih di mesjid.

Menurut saya, ini akibat warga belum sampai kepada inti persoalan yang sebenarnya.Bisa dimaklumi karena kurangnya edukasi,terlebih Pandemi Corona datangnya sangat cepat dan sulit terbedung.Tahu-tahu sudah ada jatuh korban saja disatu wilayah akibat terinpeksi Corona,ujar Usman.

Saya khusus soroti Karawang saja karena masih tinggi interaksi sosial ngabuburit atau masih berjalannya sholat Tarawih,itu fakta bahwa mereka belum sadar bahwa salah satu tempat penyebaran Corona adalah tempat umum.Kita ga bisa salahkan masyarakat karena ini kurang edukasi kepada mereka.

Perlu dicatat yang paling bertanggung untuk keselamatan warga dari Pandemi ini adalah Bupati atau Walikota,Gubernur juga Presiden,mereka adalah penguasa tertinggi dilevelnya masing-masing.Untuk itu,Bupati Karawang harus kerahkan semua kekuatan tenaga PNS nya untuk bersosialisasi kepada warga utama para Saptpol PP juga Kades sebagai tangan kanan bupati di Desa.Caranya,bukan ceremonial melainkan dor to dor.Itu akan lebih efektif dibandingkan halo-halo dengan muter muter jalan raya oleh mobil Puskesmas atau Pemda,ucapnya.

Sekali lagi sudah saatnya,Bupati Karawang membuat maklumat keras kepada semua bawahannya untuk bersosialisasi kepada masyarakat,terlebih Teh Celli mau memberlakukan PSBB.Harus sejak dini harus sosialisasikannya,Pinta Usman.

Perlu dicatat juga oleh Pemkab Karawang,masih adanya warga berinteraksi sosial di saat Pandemi karena mereka tidak tahu atau, kurang jelasnya informasi utama bahaya virus Corona,jadi bukan tidak patuh kepada himbauan pemerintah.

Bupati Karawang harus terus mensosialisasikan namun tidak hanya melibatkan PNS bidang tertentu tapi semua PNS disertakan,toh saat ini banyak diantara mereka tidak ngantor alias diam dirumah saja,Cetusnya lagi.

Cara mengedukasi bukan hanya temui seseorang karena tetap harus menjaga jarak atau cegah warga berkerumum namun manfaatkanlah media elektronik misal telepon atau sejenisnya.

Jangan salah loh,tambah Usman."Orang yang paling bertanggungjawab akan keselamatan rakyat di Kabupaten Karawang ya Teh Celli karena sebagai Bupatinya",Pungkas dia.*ts