Dari 13 warga Purwakarta yang terkonfirmasi positif corona, 5 orang diantaranya dinyatakan telah sembuh. Sementara 8 orang lainnya masih dalam perawatan medis.
Demikian disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr.Deni Darmawan melalui pernyataan tertulisnya, Minggu 26 April 2020.
"Untuk orang yang terkonfirmasi positif covid-19 di Purwakarta, dalam catatan kami, belum ada yang meninggal dunia," kata dr.Deni
Sementara, jumlah total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Purwakarta berjumlah 69 orang. Untuk yang telah selesai masa pengawasan sebanyak 55 orang.
"Yang masih dalam proses pengawasan dan perawatan tim medis sebanyak 14 orang. Dan, untuk PDP yang meninggal dunia secara kumulatif seluruhnya berjumlah 8 orang," ucap dr.Deni.
Di sisi lain, lanjut Deni jumlah total Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Purwakarta sebanyak 499 orang. Yang telah selesai masa pemantauan sebanyak 341 orang. Yang masih proses pemantauan sebanyak 158 orang. "Untuk ODP yang meninggal dunia nihil," tuturnya.
Pihaknya juga mencatat jumlah total Orang Pelaku Perjalanan (OPP) di Kabupaten Purwakarta, yaitu sebanyak 5.311 orang dan yang telah selesai pemantauan sebanyak 3.847 orang dan OPP yang masih dalam pemantauan sebanyak 1.464 orang. OPP meninggal dunia nihil.
Selain itu, sejumlah langkah antisipasi terus dilakukan oleh jajaran Pemkab Purwakarta melalui gugus tugas covid-19, di antaranya, Dinas Kesehatan tetap melakukan rapid test (pemeriksaan) dan tracing (pelacakan) bagi yang kontak erat dengan pasien dalam pengawasan.
Kata dr.Deni, untuk hasil pemeriksaan laboratorium yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta adalah sebagai berikut;
Pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) telah dilakukan pada 126 orang dengan hasil 13 positif, 50 negatif dan 63 orang masih dalam proses, belum diketahui hasilnya.
Untuk pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) telah dilakukan pada 1.482 orang dengan 26 orang berstatus reaktif dan 1.456 orang berstatus nonreaktif. Dan yang masih dalam proses nihil.
Gugus Tugas juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap tenang dan optimis menghadapi wabah yang menjadi pandemik global ini.
Pada sisi pencegahan yang bersipat kewilayahan, penertiban pada ruas sejumlah jalan di antaranya; Jalan Veteran, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ipik Gandamanah yang dilakukan oleh Satpol PP dan Dinas Perhubungan serta instansi terkait lainnya.
"Kami juga mengimbau agar warga tetap melaksanakan anjuran pemerintah yaitu physical dan social distancing, agar tetap aman terhindar penularan Covid-19," demikian Deni Darmawan.**