PELITAKARAWANG.COM-.Sejumlah 932 ABK yang bekerja di berbagai kapal pesiar telah tiba di Indonesia dengan menggunakan pesawat komersial dan charter pada 31 Maret dan 1 April 2020. Para ABK tersebut berasal dari kapal pesiar yang bersandar di Amerika Serikat.
349 ABK yang bekerja di beberapa kapal pesiar milik Royal Caribbean Group dan Norwegian Cruise Line tiba di Indonesia pada 31 Maret 2020 dan 583 ABK dari kapal-kapal pesiar milik Royal Caribbean Group dan Carnival Group tiba di Indonesia pada 1 April 2020.

Pemerintah melalui Perwakilan RI di Amerika Serikat memastikan agar seluruh perusahaan pemilik kapal pesiar untuk memfasilitasi kepulangan para ABK dengan tetap memenuhi hak-hak mereka. Selain itu, selama proses pemulangan Perwakilan RI terus menjalin komunikasi dengan para ABK untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.Sebelum kepulangan,para ABK telah menjalani tes kesehatan dan tidak memiliki gejala-gejala yang menunjukan mereka terinfeksi COVID-19.

Proses kepulangan para ABK dilakukan dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat sesuai standar WHO. Pada saat kedatangan di Indonesia, para ABK juga dilakukan pemeriksaan tambahan oleh otoritas di bandara sebelum diijinkan kembali ke alamat masing-masing.

Pemerintah melalui kerja sama dengan perusahaan perekrut ABK dan perusahaan pemilik kapal pesiar terus melakukan proses kepulangan ABK-ABK lainnya dalam waktu dekat.*rlis