Notification

×

Iklan

Iklan

Pria Tua Ini Penolak BLT,Ini Dalihnya

| Saturday, April 25, 2020 WIB Last Updated 2020-04-24T22:03:31Z

Guna menekan berbagai dampak yang dirasakan masyarakat akibat pandemi Corona Covid-19, pemerintah telah mengupayakan beberapa kebijakan. Salah satu kebijakan yang dilakukan adalah memberikan Bantuan Langsung Tunai atau BLT kepada masyarakat yang terdampak salama pandemi berlangsung.

Namun, Sareong Demmanapa (70) seorang kakek lanjut usia (lansia) di Desa Balla Satanetean, Kecamatan Mamasa, Sulawesi Barat menolak untuk menerima BLT dana desa. Kakek itu memiliki alasan tersendiri untuk menolak bantuan, ia sadar akan kondisi dirinya dan warga lain yang ada di daerahnya.


"Saya bukan orang kaya, saya bukan orang mampu, saya juga miskin. Tetapi masih ada yang lebih layak menerima bantuan itu," ujar Demmanapa.


Demmanapa kini hidup sebatang kara diusia senjanya, ia pernah memiliki istri, tetapi sudah bercerai beberapa tahun yang lalu. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia berharap dari hasil garapan sawah yang dikerjakan oleh keluarganya, karena ia tak bisa lagi menggarap sawah. Kondisi itu tidak membuat ia merasa layak untuk menerima BLT dari pemerintah.


Demmanapa pun meminta kepada petugas yang yang datang mendatanya untuk memberikan bantuan itu kepada warga atau tetangganya yang lebih membutuhkan. Meskipun dirinya dianggap layak oleh pemerintah untuk menerima bantuan itu, tetapi Demmanapa tetap menolak bantuan itu.


"Jangan saya yang terima Nak, ada yang lebih di bawah dari pada saya, berikan ke meraka," kata Demanapa.


Sementara itu, Kepala Desa Balla Satanetean Yusuf R Demmandulu mengatakan, Kakek Demanapa meminta agar haknya sebagai calon penerima BLT dana desa dialihkan kepada warga yang lebih layak. Meski sebenarnya Yusuf menganggap Demmanapa sangat layak untuk menerima bantuan itu.


"Sebenarnya bukan dia tolak. Tentu dia juga butuh, tetapi dia mengalihkan bantuan itu kepada tetangganya yang dianggapnya lebih layak mendapatkan," ujar Yusuf saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (24/4/2020).

×
Berita Terbaru Update