Bahas BLT Covid-19, Desa Ciwaringin Gelar Musdes Khusus
Loading...

Bahas BLT Covid-19, Desa Ciwaringin Gelar Musdes Khusus

PELITAKARAWANG.COM
Wednesday, May 06, 2020

Realisasi dari Peraturan Menteri Desa Nomor 6 Tahun 2020 tentang penanggulangan dan pencegahan wabah Covid-19 di desa-desa, Pemerintah Desa Ciwaringin bersama Pendamping Desa gelar kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Khusus, Rabu (6/5). Musdes, yang dihadiri jajaran BPD, LPM dan Para tokoh masyarakat tersebut, membahas terkait alokasi Dana Desa yang wajib di porsikan 30 persennya untuk penanggulangan Covid-19 berupa uang tunai bagi masyarakat tidak mampu. 

Pendamping Desa Kecamatan Lemahabang, Ganda Sasmita mengatakan, musdes khusus ini di gelar secara khusus untuk membahas penanggulangan Covid-19 di Desa. Karena, Permendes Nomor 6 tahun 2020 mengarahkan pemerintah desa untuk sigap dengan alokasi tunai berupa BLT kepada warga terdampak Covid-19. Desa Ciwaringin ini merupakan desa perdana melaksanakan Musdes khusus ini, dimana Dana Desa tahun ini, Ciwaringin di jatah pusat sebesar Rp1,1 Milyar, sehingga dana desa tahap dua, mau tidak mau harus di alokasikan 30 persen dari total pagu untuk penanggulangan Covid-19 berupa tunai kepada masyarakat terdampak ekonomi. "Musdes khusus ini digelar untuk bahas khusus BLT Covid-19 di Dana Desa tahun ini, " Katanya. 


Pendamping Desa Kecamatan Lemahabang lainnya, Surya Sakti mengatakan, prioritas DD tahun ini 30 persen harus bermuara pada penanggulangan Covid-19. Musdes ini di gelar, agar semua masyarakat yang diwakili tokoh, LPM, BPD dan lainnya tahu bahwa akan ada pengurangan anggaran fisik tahun ini, karena dananya ada yang di relokasi untuk BLT Corona. Sementara urusan teknis di lapangan siapa penerima atau sasaran, itu menjadi wewenang PSM dan pemerintah desa. "Yang jelas, BLT itu nanti cair di DD tahap 2 dengan besaran harus Rp600 ribu/KPM, " Ujarnya. (Rd)