Notification

×

Iklan

Iklan

Kades-Kades Pesimis BLT Cair Sebelum Lebaran, Apdesi : Harus Siap !

Monday, May 18, 2020 | Monday, May 18, 2020 WIB
Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) di gelar pemerintah desa di berbagai pelosok untuk menentukan sasaran penerima BLT dari Dana Desa. Intruksi anggaran agar cair sebelum lebaran, masih di tanggapi dingin para Kepala Desa, apalagi desa-desa dengan pemerintahan yang baru dibentuk paska Pilkades. Bahkan, dari data yang di himpun, masih ada 32 desa yang sampai saat ini baru mengajukan tahap 1 dan 265 desa lainnya pengajuan di tahap 2. 

"Sepertinya tidak keburu, khususnya Desa Cikalong, karena sisa dua harian lagi, " Kata Kades Cikalong, H Lili Hermanto. 

Senada dikatakan Kades Muara Iyos Rosita, dirinya mengaku memperjuangkan semua hak-hak warga kurang mampu. Namun, sekelumit bantuan dan intruksi yang harus cair sebelum lebaran, membuatnya bingung. "Bingung, ya seperti itulah, " Katanya. 


Alex Sukardi, Sekretaris APDESI Karawang mengatakan, seluruh Kades dan perangkat sudah siap menyalurkan BLT Dana Desa Sebelum Lebaran. Info dari DPMD masih ada 32 Desa yang baru ngajuin tahap 1 dan 265 desa pengajuan tahap 2, meskipun ada lambat karena data penerima Ban Gub dan Bantuan Kabupaten baru keluar 3 hari yang lalu, sehingga tanpa data itu Desa tidak mungkin melaksanakan Musdesus mengesahkan calon penerima BLT sumber dari dana desa. Kalau di bilang pesimis, termasuk dirinya pesimis karena yang belum mengajukan Dana Desa Tahap 1 rata-rata ada masalah, "seperti Kades lama yang nyalon kemudian kalah ada yang belum membuat LPJ sebagai syarat pengajuan, sehingga maklum ajuannya jadi terlambat, sedangkan pencairan Tahap 2 akan di barengi pencairan DD tahap 1 yang terlambat itu." Katanya.

BanGub turun, sementara desa sudah Musdesus menentukan BLT Dana Desa, acapkali kebingungan, sebab sasaran KPM BLT ternyata juga dapat dari BanGub yang data sebelumnya tidak banyak di ketahui para Kades. Belum lagi perluasan BPNT yang belum jelas sampai saat ini. Atas dasar itu, dirinya di Desa Karyamakmur baru akan gelar Musdessus kalau sudah fix semua. Sebab, ia khawatir kalau ada orang yang bener-benar miskin tidak kebagian. "Bisa-bisa nuntut karena BNBA BLT DD SKnya Kades yang tandatangan, pusing kan, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update