Notification

×

Iklan

Iklan

Per 20 Mei :Kasus Corona Secara Nasional

Wednesday, May 20, 2020 | Wednesday, May 20, 2020 WIB Last Updated 2020-05-20T08:40:54Z

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia per Rabu (20/5) terus mengalami peningkatan. (Foto: AP/Masyudi S. Firmansyah)- Jumlah kasus positif Coroona donesia per Rabu (20/5) mencapai 19.189 kasus. Dari jumlah itu, 4.575 orang dinyatakan sembuh, dan 1.242 orang lainnya meninggal.


Data tersebut merupakan data yang terkumpul dari sejumlah wilayah hingga pukul 12.00 WIB hari ini.


Dikutip dari laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, covid19.go.id, Rabu (19/5) pukul 15.20 WIB, kasus positif corona bertambah 693 kasus.


Pasien sembuh hari ini tercatat bertambah 108 orang dari hari sebelumnya, dan kasus meninggal naik 21 orang dari hari kemarin.


Sehari sebelumnya, kasus corona tercatat mencapai 18.496. Sebanyak 1.221 orang meninggal dunia dan 4.467 orang lainnya dinyatakan sembuh.


Kriteria pasien sembuh yang diakumulasikan tersebut adalah berdasarkan hasil uji laboratorium selama dua kali dan ketika pasien tidak ada lagi keluhan klinis.


Sementara untuk kasus meninggal, ada faktor penyakit penyerta atau komorbiditas hipertensi, diabetes, jantung dan penyakit paru-paru, yang memperburuk kondisi pasien.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengimbau masyarakat untuk berdamai dengan virus corona, meski sebelumnya mengajak para pemimpin G-20 untuk memenangkan perang melawan Corona.

Menurutnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyarankan agar hidup berdampingan dengan virus corona. Namun, kata Jokowi hidup berdampingan dengan virus corona bukan berarti masyarakat menyerah.


"Justru dari situlah titik tolak menuju tatanan kehidupan baru masyarakat untuk dapat beraktivitas kembali sambil tetap melawan ancaman Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujarnya.


Kebijakan pemerintah dalam mengatasi virus corona pun dinilai sejumlah pihak setengah hati karena lebih mengutamakan ekonomi ketimbang kesehatan warga lewat pelonggaran pembatasan.


Penerapan PSBB untuk menekan penyebaran Covid-19 sudah dilakukan di 27 kabupaten/kota dan empat provinsi. Dari daerah itu, beberapa di antaranya telah melewati PSBB tahap pertama dan masuk ke pelaksanaan PSBB tahap kedua dan ketiga.


Pemerintah belakangan tengah menyiapkan skenario kemungkinan pelonggaran PSBB seiring perkembangan kasus yang terus dipantau saat ini. Presiden Jokowi telah memerintahkan jajarannya menggodok protokol new normal era Corona.**rls

×
Berita Terbaru Update