Surplus, UPK Gema Lembayung Wadas Bagi-Bagi Sembako

Surplus, UPK Gema Lembayung Wadas Bagi-Bagi Sembako

PELITAKARAWANG.COM
Wednesday, May 06, 2020

Surplus Rp180 juta di tahun anggaran 2019, Unit Pengelola Kegiatan Dana Amanah Masyarakat (UPK DAPM) Gema Lembayung Kecamatan Lemahabang, bagi-bagi sembako dari alokasi Dana Sosial (Dansos) Rp37 juta kepada 1.040 anggota kelompok di 11 Desa. Sembako yang didistribusikan merupakan stimulan bagi para anggota kelompok untuk ikut serta membantu penanggulangan Covid-19 di Kecamatan Lemahabang. 


"Kami terbantu di tengah musim paceklik covid-19 ini diberikan sembako dari hasil surplus UPK, semoga UPK bisa lebih maju dan lancar usahanya, " Kata Isah, Ketua Kelompok SPP dari Desa Karangtanjung, Rabu (6/5)

Ketua UPK Lemahabang, Ahmad Sapri mengatakan, sebanyak 67 kelompok di arahkan untuk menyebar ratusan paket sembako kepada 1.040 anggotanya. Karena, di tahun anggaran 2019 kemarin, UPK surplus Rp180 juta, dimana Dansos Rp37 diantaranya di bagikan kepada semua kelompok berupa sembako. Ini sebutnya, sebagai bagian dari stimulan pihak UPK untuk ikut serta membantu menanggulangi Covid-19 di Lemahabang. 


Sebab, dalam Musyawarah Antar Desa (MAD) sebelumnya, Dansos ini hendak di distribusikan dalam bentuk sound system ke setiap majelis taklim di desa-desa, namun setelah di gelar MAD khusus, di sepakati dansos ini diberikan dal bentuk sembako karena kebutuhan masyarakat di tengah wabah Covid-19 ini. "Tidak banyak yang bisa di berikan, tapi dengan dansos ini semoga anggota kelompok ikut terbantu mencukupi kebutuhan sehari-hari melalui sembako ini, " Katanya. 


Ketua Badan Pengawas (BP UPK) Lemahabang, Didin Khaerudin mengatakan, di pilihnya sembagi sebagai alokasi dansos, sudah sesuai alur Peraturan Organisasi (PTO), dimana UPK bersama Kades, kelompok dan juga Camat menggelar MAD khusus yang diantaranya membahas alokasi dana sosial dari Surplus Rp180 juta ini. Semula, sambungnya, di MAD awal, dansos ini memang alokasinya hendak ke Sound System sampai penyemprotan disinfektan, namun karena wabah covid-19 terus bertambah, pihak UPK memilih memberikan dansos tersebut dalam bentuk sembako. "Sebagai stimulan saja, semoga bisa bermanfaat, " Katanya..(rd)