People of The Year 2011

ImagePELITAKARAWANG.COM-.Pada era revolusi, Bung Karno meminta 10 pemuda untuk mengubah dunia.Ketika Indonesia sudah 66 tahun merdeka, dan memasuki era reformasi, apa yang diperlukan? Substansi dari jiwa pemuda yang memiliki spirit perubahan itulah yang diperlukan dalam konteks membangun bangsa pada era reformasi. 

Kini, Indonesia membutuhkan keberanian, inovasi, konsistensi, dan spirit yang tidak pernah berhenti dalam melawan arus hegemoni kemapanan untuk mewujudkan sebuah perubahan. Spirit itulah yang memberi inspirasi harian Seputar Indonesia untuk secara konsisten menggelar tradisi penganugerahan People of The Year (POTY) kepada anak bangsa yang memiliki keberanian membuat perubahan, dan secara kreatif melahirkan berbagai inovasi yang bisa memberi inspirasi kepada anak bangsa yang lain.

Untuk penganugerahan POTY yang ke-7 (sejak 2005), Seputar Indonesia melalui survei dan panel yang diikuti sejumlah pakar, memilih Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla . JK, biasa mantan wapres ini dipanggil, memiliki karakter berani untuk menyuarakan perubahan di mana pun dan dalam konteks apa pun. Dia bukan tipe pejabat yang setelah lengser mengidap penyakit post-power syndrome.

Namun secara kreatif, dengan lembaganya di PMI, JK berhasil mengukuhkan diri sebagai jiwa yang humanis yang keberadaannya sangat menyegarkan dan menyejukkan masyarakat. Selain itu, JK telah berhasil membawa lembaganya yang sebenarnya kurang seksi menjadi semakin penting bagi masyarakat.

Maka wajar kalau para pakar dalam panel seperti Prof Dr Komaruddin Hidayat,Prof Dr Mahfud MD, Prof Firmanzah, PhD, Dr Dewi Fortuna Anwar, Dinna Wisnu, PhD, Handi Irawan, MBA Mcom,Dr Tony Prasetyantono, Prof Rhenald Kasali, memilih JK sebagai tokoh yang pantas mendapat POTY dari harian Seputar Indonesia.

JK secara usia bukan muda lagi,namun spirit perubahannya sangat kuat dan dia berperan sebagai tokoh yang siap menghadapi risiko dan cepat menyelesaikan masalah.Hal ini bisa terlihat bagaimana JK berani melawan arus atas perjuangan mengampanyekan Pulau Komodo agar diakui sebagai salah satu keajaiban dunia.Di satu sisi,JK harus berhadapan dengan sikap pemerintah yang menarik diri dari kompetisi itu.

Namun, perjuangan JK berhasil menggugah hati seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk tetap bersemangat memperjuangkan Pulau Komodo masuk dalam keajaiban dunia, yang akhirnya berhasil.Selain JK, Seputar Indonesia telah menganugerahkan POTY dalam beberapa kategori,yang di setiap kategori memberikan kontribusi perubahan yang besar dalam bidangnya masingmasing. Nama-nama penting yang mendapatkan POTY adalah Ir Tri Rismaharini (WaliKota Surabaya).

Dia dianugerahi sebagai Kepala Daerah Terbaik; Albertino Ho,SH, MH seorang hakim, terpilih sebagai tokoh penegak hukum terbaik; Rio Haryanto, seorang pembalap, terpilih sebagai tokoh muda terbaik; Dr Sofyan Tan, terpilih sebagai tokoh dalam kategori social entrepreneur; dan Sofyan Basir,Dirut BRI,terpilih sebagai CEO terbaik.

Selain itu,Seputar Indonesia juga memberikan apresiasi dengan kategori Inspiring CEO kepada Dwi Soetjipto (Dirut PT Semen Gresik) dari Jawa Timur; Gus Irawan Pasaribu (Dirut Bank Sumut) dari Sumut; Ellong Tjandra (Dirut Bank Sulselbar) dari Sulsel; I Ketut Mardjana (Dirut PT Pos) dari Jawa Barat; H Muhamad Hilmy (CEO Mubarok Food) dari Jawa Tengah; dan Asfan Fikri Sanaf (Dirut Bank Sumsel Babel) dari Sumsel.

Para tokoh yang mendapatkan POTY kali ini adalah orangorang terbaik. Indonesia membutuhkan mereka, karena para tokoh ini, baik secara pribadi, atas nama lembaga, maupun bidangnya digerakkan untuk kepentingan bangsa yang lebih baik.
Nilai-nilai kesadaran tentang perubahan yang lebih baik dalam pikiran mereka sangat kuat, sehingga sudah sepatutnya kalau mereka kita tempatkan menjadi orang-orang istimewa bagi bangsa ini./SINDO/www.pelitakarawang.com

0 Komentar

X
X