"Sukarno Muda" Putra Karawang Peduli Pendidikan

PELITAKARAWANG.COM -Usia 40-an memang merupakan usia emas dalam mengaktualisasikan diri. Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Nabi sekaligus Rosulullah pada usia 40 tahun. Bung Karno yang aktip dalam pergerakan perjuangan bangsa sejak usia muda, mencapai puncak kariernya pada usia 44 tahun, ketika dia diangkat sebagai Presiden RI pertama pada 18 Agustus 1945. 

Jendral Sudirman ternyata mencapai puncak karier pada usia lebih muda. Pada usia 31 tahun beliau sudah menduduki jabatan tertinggi dalam angkatan perang negara kita, Panglima Besar berpangkat Jendral. Suharto tampil sebagai pemimpin bangsa pada usia 47 tahun. Beliau diangkat sebagai Pejabat Presiden pada tahun 1968. 

Dan banyak lagi tokoh yang mencapai puncak karier di usia 40-an. Jadi sangat wajar apabila persoalan-persoalan bangsa saat ini diserahkan kepada kaum muda. Dan kita yakin bahwa kaum muda saat ini banyak yang memiliki cita-cita mulia buat bangsa, terlebih tidak sedikit dari mereka yang berpendidikan tinggi.

Salah satu dari tokoh muda yang muncul saat ini, M.Gde Siriana Yusuf,SE. Pria yang dilahirkan 43 tahun lalu di Jatisari Kabupten Karawang itu memiliki cita-cita mulia buat pembangunan bangsa, terutama keprihatinannya pada kondisi pendidikan kebanyakan penduduk negeri ini. Secara khusus dia memiliki semangat dan tanggung jawab akan kondisi seperti itu di tanah kelahirannya, Karawang.

Terlahir dari keluarga polisi,( baik ibu maupun bapaknya, polisi),  dia tumbuh menjadi seorang yang disiplin dan pekerja keras. Dia juga berhasil menamatkan pendidikan sarjana ekonomi di Universitas Parahiangan Bandung.. 

Saat ini Gde  aktif di Forum Pengelola Perpustakaan Desa Kabupaten Karawang dengan jabatan Ketua Bidang Ekonomi dan Usaha.

"Saya sudah terjun langsung di organisasi ini sejak tahun 2009 dengan berbagai kegiatan mendorong anak-anak atau siapapun yang ingin mendapatkan ilmu dari buku-buku yang dibacanya." dia mengawali kata sambutannya dalam sebuah pertemuan para pengelola perpustakaan desa se Kabupaten Karawang yang digelar di Pantai Pisangan Cibuaya Minggu,(26/5/2013). 

Selanjutnya Gde mengatakan,"Pendidikan itu sangat  penting untuk bisa meraih kehidupan yang lebih baik. Melalui pendidikan manusia bisa mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan dan juga pengalaman untuk dipergunakan menjalani kehidupan dengan lebih baik dan sejahtera. Bagi setiap orang tua berkewajiban mendorong dan memfasilitasi anak-anaknya untuk belajar. Belajar tidak selamanya harus melalui jalur formal, Khususnya bagi yang tidak memiliki kesempatan untuk belajar di jalur formal, maka kita  berupaya memfasilitasi mereka dengan pelayanan perpustakaan yang tersebar di desa-desa." katanya.

Pria muda aktivis sosial ini, selain aktip di Forum Pengelola Perpustakaan Desa Kabupaten Karawang, memiliki usaha di Jakarta.

Sukarno Muda.
Munawar, seorang tokoh tergolong tua di Karawang mengatakan kepada wartawan bahwa tokoh muda ini (Gde) mirip "Soekarno" Presiden RI Pertama waktu muda. "Dia mirip Sukarno waktu muda." katanya pada wartawan. "Dia kaya akan gagasan-gagasan.Gagasan untuk masa depan, terutama bagaimana memperbaiki keadaan bangsa ini.  Dia menyampaikan gagasan dengan jelas dan tegas, mirip Bung Karno. Salah satu gagasannya, berkaitan dengan calon-calon wakil rakyat di DPR dan DPRD. Banyak yang muncul "ujug-ujug" dan tidak dikenal masyarakat pemilihnya."  
"Menurut Gde", sambung Munawar, "caleg itu harus punya kriteria dasar : muda, memiliki hubungan kultur dengan masyarakat daerah pemilihan, memiliki treck record yang jelas dan nyata dan yang keempat berwajah baru." sambungnya menirukan gaya berbicara Gde.
Diperoleh keterangan bahwa M Gde Siriana Yusuf, SE sudah terdaftar sebagai Calon Anggota DPR-RI Dapil Jabar VII, Kab.Karawang, Kab.Purwakarta dan Kab.Bekasi, dari Partai Hanura dengan nomor urut 7. 

Ketika diperlihatkan fotonya, ternyata benar foto yang dibuatnya  baru-baru ini, mirip foto Bung Karno waktu masih muda.(KS).

0 Komentar

X
X