Ponpes Miftahul Jannah Gelar Sholat Tasbih & Istiqosah

Karawang-PeKa-.Di pimpin oleh KH.Omo Bustomi,para jammah di pondok pesantren (ponpes) Mifathul Jannah dan warga sekitar Telukjambe Timur menggelar sholat tasbih yang di lanjut dengan istiqosah.(2/11/2014).

Kegiatan dalam rangka menyambut 10 Muharam tersebut juga di isi dengan makan nasi kebuli bersama.Nasi kebuli sudah umum akan ada jika memperingati bulan dan hari pestanya yatim piatu di Karawang.
jammah di pondok pesantren Mifathul Jannah
Ahmad Nuryadi salah satu warga Wadas,RT 02/02 Telukjambe Timur menyebutkan bahwa banyak tradisi agama, puasa memang dimaksudkan sebagai ungkapan atau peringatan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas ‘kebaikan’ yang diberikanNya.Terkadang sebagai ibadah untuk ‘mengambil hati’ sang Maha Agung agar memberikan ampunan dan barokah bagi umat yang melaksanakannya.

Demikian pun dengan puasa pada hari asyura (hari ini).Banyak riwayat yang mengungkapkan bahwa puasa ini di ‘syariat’kan sebagai ungkapan suka cita, dari jaman umat nabi Nuh  hingga AS hingga Muhammad SAW,terangnya.

Sepanjang pekan lalu dan mungkin akan terus berlangsung hingga 10 Muharram tiba,anda atau pun saya sendiri banyak pesan dakwah berseliweran di email, BBM, twitter dan facebook, mengingatkan pentingnya melaksanakan puasa sunnah Asyura pada tanggal 9-10 Muharram,ucapnya.

Ahmad Nuryadi mencontohkan pesan baik itu berbunyi bahwa barang siapa yang berpuasa pada 9-10 Muharram atau besok (Senin & Selasa) itu seolah-olah ia telah melakukan ibadah selama 2 tahun, dan siapapun yang mengingatkan orang lain hal ini seolah-olah ia telah melakukan ibadah selama 80 tahun dan seterusnya.

Kemudian katanya,konon, bertepatan dengan 10 Muharram ini ada banyak kejadian yang terjadi di umat-umat terdahulu semisal Allah SWT menerima taubat nabi Adam AS, Bebasnya Nabi Nuh dan ummatnya dari banjir besar, Nabi Ibrahim selamat dari apinya Namrudz, Kesembuhan Nabi Yakub dari kebutaan dan ia dibawa bertemu dengan Nabi Yusuf pada hari Asyura, Nabi Musa selamat dari pasukan Fir'aun saat menyeberangi Laut Merah, dan Nabi Isa diangkat ke surga setelah usaha Roma untuk menangkap dan menyalibnya gagal.

Disamping itu, ada banyak lagi kisah yang berbau mitos melekat pada peringatan 10 Muharram ini, seperti bahwa pada hari yang sama merupakan hari awal Allah SWT menciptakan Luh Mahfuz dan alam semesta, menurunkan Rahmat/hujan, membangun ‘Arasy, juga hari dimana Allah SWT mencipta malaikat agung Jibril AS,tukas Kang Nur sebutan lain dari ustad Ahmad Nuryadi#aby.


0 Komentar

X
X