JAKARTA -PEKA.- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim penyelenggaraan pemilu di Indonesia merupakan yang terbaik di antara negara-negara Asia.
"Pengalaman kita selama 10-15 tahun terakhir ini, pemilu di Indonesia ini salah satu yang terbaik di antara negara-negara yang memulai demokrasi yang baik di Asia ini," kata Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (23/10).

Ia mencontohkan pemilu Filipina yang seringkali diwarnai konflik yang menyebabkan warganya tewas. Di Malaysia, penyelenggaraan pemilu tak benar-benar bisa berjalan lancar. 

"Di Malaysia sampai sekarang masih berlarut-larut nasib pemilunya. Di Thailand, merah-kuning masih berporos akibat pemilu," tambah dia.

Kalla kemudian menceritakan pengalamannya saat menjadi pengamat pemilu di Kamboja beberapa tahun lalu bersama anggota DPR dari Pakiskan. Usai mengamati proses penyelenggaraan pemilu, diputuskan pemilu berjalan dengan lancar, aman, dan transparan. 

Namun, perwakilan anggota DPR Pakistan memutuskan untuk kembali ke negaranya lantaran proses pemilu Kamboja dinilai membosankan karena tak terjadi konflik. 

"(Kata orang Pakistan) ini boring melihat pemilu di sini (Kamboja) karena gak ada apa-apanya. Ya kalau tidak ada bom, tidak ada senjata ya bukan pemilu namanya. Saya bilang, kalau kamu jadi saya tidak ada bom juga di Indonesia kalau pemilu," kata Kalla.#rol.