KARAWANG, PEKA. - Festival kebudayaan dan pendidikan Jepang kembali hadir di Tanah Air. Kali ini giliran Karawang yang menjadi tuan rumah dalam festival yang bertajuk Karawang Japan Matsuri (KJM). 

"Acara ini adalah juga menjadi bentuk keterbukaan Galuh Mas Karawang terhadap kedatangan para pebisnis, budayawan dan pendidik Jepang yang ingin membangun Karawang," kata Corporate Promotion Manager PT Galuh Citarum, Heru Mahad dalam keterangannya, Senin (12/10).

KJM sukses dihelat tahun lalu dengan hadirnya ribuan pengunjung. Galuh Mas Karawang kembali menghelat acara Karawang Japan Matsuri (KJM) untuk kali keduapada Sabtu-Ahad (10-11) Oktober 2015.

Acara ini dihelat pada dua titik pusat komersial Galuh Mas Karawang yakni Technomart dan Karawang Central Plaza. Satu titik pusat komersial lain, Festive Walk, menggelar aneka kompetisi dan hiburan Jepang tiap hari dan akhir pekannya mulai 10 hingga 31 Oktober 2015.

KJM adalah hasil kerja sama Galuh Mas Karawang dengan Japan Foundation dan Tensai sebagai event organizer KJM. Acara ini merupakan festival kebudayaan dan pendidikan Jepang yang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang kepada masyarakat Karawang.

Menurut Heru, Galuh Mas sebagai pusat hunian dan komersial, ingin mewadahi acara ini agar masyarakat Karawang yang mengunjungi Galuh Mas mendapat informasi menarik dan berguna mengenai kebudayaan Jepang saat menghabiskan waktu santai mereka di Galuh Mas.

Dalam acara tersebut, pengunjung dihibur oleh aneka booth bazaar yang menggelar aneka produk, photo booth, dan kuliner Jepang, pertunjukan dan kompetisi Cosplay, serta lomba pendidikan.

Puncak acara yang paling meriah adalah Omikoshi, yakni arak-arakan budaya Jepang, serta penampilan musisi asal Jepang, Hiroaki Kato. Sementara itu kompetisi kebudayaan Jepang yang digelar di Festive Walk adalah lomba foto ala Jepang, lomba mewarnai anime Jepang, kontes menyanyi lagu Jepang, dan kontes modelling gaya Harajuku.

Saat ini Galuh Mas telah memiliki sekitar 10 cluster, 11 blok ruko, dilengkapi Central Business District (CBD). Di CBD para ekspatriat dapat menghabiskan waktu mereka dengan mengunjungi mal-mal lifestyle, seperti Mal Karawang Central Plaza.#ROL