Notification

×


Iklan

Srikandi Marjuki-Miing Gelar Lomba Qosidah Tradisional

Monday, October 26, 2015 | 11:43 WIB Last Updated 2015-10-26T04:43:35Z

Karawang, PEKA. - Relawan perempuan pemenangan pasangan calon (paslon) calon bupati-wakil bupati, H Akhmad Marjuki(HAM)-Dedy S Gumelar (Miing) mengadakan lomba qosidah tradisional di halaman posko pemenangan, kompleks Grand Taruma, Jl. Interchange Karawang Barat, Minggu (25/10).

Istri Cabup H Akhmad Marjuki
berpoto bersama perwakilan grup Qosidah Tradisional,
setelah menyerahkan tropi
Menurut Ketua Panitia, Dedeh Ahmad Syatiri, lomba yang digelar relawan perempuan yang tergabung dalam Srikandi Marjuki-Miing ini dimaksudkan untuk melestarikan seni qosidah tradisional. "Di tengah derasnya aliran musik modern, kami mengajak untuk melestarikan seni qosidah tradisional yang dulu sempat populer. Sehingga antara yang modern dan tradisional dapat berkembang beriringan," ungkapnya.

Dikatakan Dedeh, dalam lomba ini diperebutkan tropi dan piala bagi tiga pemenang dari cabup H Akhmad Marjuki. "Untuk hadiah uang pembinaannya masing-masing sebesar Rp3,5 juta untuk juara 1, Rp2,5 juta untuk juara 2 dan Rp1 juta untuk juara ketiga. Semua hadiah dan tropi dari Bapak Haji Marjuki," jelasnya.

Lomba qosidah tradisional ini, kata Dedeh diikuti 20 grup yang berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Karawang. "Kami sudah layangkan surat pengiriman delegasi peserta dari masing-masing kecamatan. Karena di 30 kecamatan memang sudah terbentuk Srikandi Marjuki-Miing. Tapi yang bisa mengikuti lomba 20 grup," jelasnya.

Diharapkannya, dengan telah diawalinya kegiatan lomba ini, ke depan di Karawang tetap bisa terus dilaksanakan. "Kami harapkan lomba ini bisa terus digulirkan tiap tahun saat Pak Haji Marjuki menjabat Bupati Karawang," kata Dedeh lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Srikandi Marjuki-Miing Kabupaten Karawang, Ineu Mulyati menyatakan apresiasi terhadap kepedulian Cabup H Akhmad Marjuki. Pasalnya, hal tersebut membuktikan adanya kepedulian H Akhmad Marjuki dalam pengembangan seni dan budaya tradisional yang kian hari kian tergeser dengan seni budaya modern.

"Kami bersyukur, Pak Haji Marjuki masih konsisten dengan tekadnya untuk melestarikan seni tradisional. Komitmen ini menunjukkan bahwa beliau bukan hanya sekedar janji, tapi jelas nyata-nyata memberi bukti," katanya.


Ditambahkannya, jajaran Srikandi Karawang siap untuk memenangkan paslon nomer 2 tersebut. Untuk itu, kata Ineu, lomba qosidah ini merupakan salah satu sarana konsolidasi internal Srikandi yang telah tertata struktur organisasinya. 

"Insya Allah, kami dari jajaran Srikandi yang mayoritas merupakan kader dan aktivis organisasi perempuan di seluruh Karawang, siap memenangkan Pasangan Marjuki-Miing," imbuhnya.


Turut hadir menyaksikan lomba ini, selain cabup H Akhmad Marjuki, tampak pula istrinya, Hj Sarem Suteja. Lomba ini cukup menyita banyak perhatian, karena salah satu juri lomba adalah penyanyi dangdut nasional yang terkenal dengan Sapu Tangan Merah-nya, Yus Yunus.

Adapun hasil lomba kai ini adalah sebagai berikut; Juara harapan III diraih grup As Asyriah Telukjambe Barat, juara harapan II diperoleh grup Al Irsyad Cilamaya Kulon dan harapan I oleh grup Ummul Ihsan Karaba 2 Klari. Sementara utk tiga besar diraih masng-masing oleh grup Miftahul Jannah Sungaibuntu Pedes sebagai juara III, dan juara II oleh grup Nurul Islam Rengasdengklok Utara, dan juara pertama Al Istiqomah dari Telukjambe Barat.#Mtp
×
Berita Terbaru Update