Notification

×


Iklan

Ini Menurut Calon Wakil Bupati Ini :Penyandang Disabilitas Kurang Perhatian Dari Pemkab Karawang

Wednesday, November 11, 2015 | 22:17 WIB Last Updated 2015-11-11T15:17:30Z
Karawang, PEKA.-Kurangnya perhatian bagi para penyandang disabilitas yang ada di kabupaten Karawang menjadi perhatian sendiri baik oleh Calon Wakil Bupati (Cawabup) Dedy S Gumelar (Miing) maupun relawannya. 

Salah satunya dilakukan oleh Relawan Deden Darmansyah yang bekerja sama dengan H Akhmad Marjuki Centre (HAM Centre) memberikan bantuan bagi penyandang disabilitas berupa bantuan kursi roda ,tongkat jalan , pembuatan kaki dan tangan palsu khusus bagi para penyandang disabilitas yang dilakukan di Kampung Bambu Iken, Desa Jatiwangi, Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang, Selasa (10/11).

Calon wakil bupati (Cawabup) Karawang , Dedy S Gumelar (Miing) yang turut memberikan bantuan bagi penyandang disabilitas yang dilakukan oleh Relawan Deden Darmansyah tersebut merasa bangga melihat adanya perhatian untuk para penyandang disabilitas di Kabupaten Karawang. Miing-pun memberikan apreasi kepada H. Deden Darmansyah, selaku penggagas acara tersebut.

Menurut Miing seharusnya kegiatan seperti ini harus mendapat perhatian dari Pemkab Karawang. Karena menyangkut nilai-nilai kemanusian yang harus direspon baik oleh Pemkab, mengingat keberadaan para penyandang disabilitas merupakan bagian dari warga negara. Negara dan seluruh jajaran aparatur pemerintahan, ungkap Miing, harus memberikan pelayanan yang sama atas kebutuhan bagi penyandang disabilitas. Mereka, kata dia, bukan merupakan warga negara kelas dua, sebagaimana warga negara yang lainnya.

“Sekarang pertanyaannya, apakah para penyandang disabilitas sudah mendapat perhatian dari pemkab Karawang? Seharusnya para penyandang disabilitas itu mendapat perhatian penuh dari Pemkab . Jangan sampai terjadi pembiaran, karena ini menyangkut hak hidup warga negara,” ujarnya.

Cawabup pasangan calon bupati, H Akhmad Marjuki (HAM) ini, mengaku untuk masa yang akan datang, kurangnya perhatian terhadap penyandang disabilitas tidak boleh terjadi lagi. Dirinya mengatakan, akan memberikan perhatian dengan penganggaran daerah bagi pemenuhan kebutuhan sosial untuk seluruh warga yang berkebutuhan khusus. “Ke depan, harus dirubah. Kami akan berikan perhatian bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus. Anggaran daerah tentu sangat lebih dari cukup kok,” imbuh paslon nomer dua ini.

Kegiatan pemberian bantuan bagi para penyandang disabilitas ini dilakukan dalam rangka memperingati hari disabilitas international yang jatuh pada tanggal 3 Desember. Menurut H.Deden Darmasyah penggagas bantuan bagi para penyandang disabilitas Kabupaten Karawang. Dirinya sangat perihatin sekali terhadap para penyandang disabilitas di Kabupaten Karawang. Pasalnya, mereka kurang mendapat perhatian dari pemkab Karawang. Selama ini, kata Deden, para penyandang disabilitas kurang mendapat respon yang baik. Oleh karena itu,ke depannya agar pemkab Karawang memperhatikan kebutuhan para penyandang disabilitas.

“Banyak para penyandang disabilitas di Kabupaten Karawang belum mendapat perhatian serius dari pemkab Karawang. Padahal mereka itu harus hidup layak sebagai manusia normal. Untuk menghidupi kebutuhan keluarganya sehari-hari tanpa merasa dirinya merasakan kekurangan yang ada pada dirinya,” ujarnya.

Dikatakan, para penyandang disabilitas yang datang hari ini dari berbagai kecamatan di Kabupaten Karawang. Maka hari ini para penyandang cacat fisik ini mendapat perhatian serius dari kami yang bekerja sama dengan Yayasan Sadufa Suani Sunter Jakarta. Yayasan tersebut sangat konsen sekali terhadap kebutuhan para penyandang cacat fisik. Oleh karena itu, pihak yayasan siap untuk membuat kaki dan tangan palsu 1000 lebih di Karawang.

“ Hari ini yang datang untuk pengukuran tangan dan kaki palsu ada 49 orang. Setelah mereka nanti mempunyai kaki dan tangan palsu. Supaya mempunyai semangat kembali bekerja dan berkarya. Karena mereka juga berhak mempunyai penghasilan tetap di Karawang ini” timpalnya

Dedy S Gumelar
Kedepannya, menurut kader PDI Perjuangan ini, para penyandang disabilitas akan diberikan keahlian pada dirinya. Hal itu dimaksudkan, agar mereka mempunyai keahlian diberbagai sektor bidang home industry. Dengan demikian, kata dia, para penyandang disabilitas akan sejajar dengan manusia normal lainnya. Untuk bekerja mencari nafkah untuk kehidupan keluarganya.  

Bagi Deden, dengan mempunyai keahlian pribadi para disabilitas, maka dengan sendirinya kehidupan mereka akan sejahtera. “ Insya Allah setelah mereka mendapat perhatian khusus dari pihak kami. Maka mereka akan dilatih supaya mempunyai keahlian dari berbagai sektor kehidupan. Agar membuka usaha perbengkelan, menjahit dan wirausaha lainnya” kata mantan Anggota DPRD Jawa Barat.#Mtp-us.
×
Berita Terbaru Update