Jimmy Sidak Pencaker,Terbongkarlah Keterlibatan Oknum Kadisnakertrans Karawang ,"Sama Saja Suroto Telah Kena Tampar Kabid Penta"

KARAWANG-PEKA-.Sebelumnya Wakil Bupati Karawang dengan terang-teranagn menuding Karang Taruna Kabupaten Karawang telah melakukan praktek percalonan tenaga kerja,dan pernyataan tersebut ternyata mendapatkan tanggap beragam selain dukungan dari masyarakat dengan minta juga kasus yang ditudingkan dibuktikan dilapangan bukan sebatas omong kosong.(26/10/2016).
Kabid Penta :Teo Suryana
Saat Tertangkap Tangan Wabup
Karawang
Tak puas dengan keadaan yang berkembang dilapangan dan ingin membuktikan,akhirnya Wakil Bupat Karawang melakukan Sidak ke satu yayasan yang diduga telah melakukan praktek percalon tenaga kerja dan bekerja sama dengan oknum dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Karawang.
Bukan hanya Jimmy saja ternyata yang menduga hal serupa, karena banyak pihak pula yang menduga bahwa praktek percalonan tenaga kerja telah melibatkan oknum-oknum tertentu dan tadi pada Selasa (25/10/2016) terbukti dugaan-dugan yang selama diguncingkan,pasalanya Kepala Bidang Penempatan Tenaga (Kabid Penta) Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Teo Suryana tertangkap tangan oleh inspeksi mendadak (Sidak ,red) Wakil Bupati Karawang,Komisi D DPRD, Kadisnaker di Yayasan Global Sarana Sukses (GSS) di Ruko Karawang Barat.
Kejadian bermula ketika rombongan masuk ke Kantor Yayasan GSS dan mendapati Kabid Penta tengah berada di sana. Saat itu tengah dilakukan tes masuk untuk bekerja di PT Yamaha 1, Karawang International Industries City.
Melihat hal tersebut, Wakil Bupati Karawang Jimmy Ahmad Zamakhsyari menyatakan, "Apa-apan ini, jelas melanggar Perbup Nomor 8 Tahun 2016 yang tidak diindahkan. Ironisnya lagi, ada orang Disnaker di sini".
Oleh karenya, Jimmy meminta Kadisnakertrans untuk menindak hal tersebut.
"Apapun alasannya, selama jam kerja, tidak boleh berkantor di sini," kata Wakil Bupati dengan keras.
Sempat terjadi kegaduhan diruang kantor yayasan tersebut akibat Kabid Penta tetap bersikeras bahwa keberadaannya hanya memberikan pengarahan kepada pihak Yamaha soal tes di Disnaker."Saya hanya memberikan arahan," jawab Teo.
Saling bantah ucap terjadi antar Kadisnakertrans dan Kabidnya malah sempat disela oleh Wakil Bupati Karawang, dengan lanjut langkah memasuki ruang lain di kantor yayasan Global Sarana Sukses.
Suasana makin memanas sesaat setelah Jimmy memasuki satu ruang karena diketemuakannya setumpuk lamaran pencaker Karawang dan non pribaumi,sempat politisi PKB itu memanggil Suroto Kadisnakertrans,yang disusul datangnya kemeja segudang lamaran yakni Pendi Anwar Ketua Komisi D DPRD Karawang dan Wakilnya, H Endang Sodikin
Ketua Komisi D DPRD Karawang, Pendi Anwar usai melakukan sidak dan ditemui di Hotel Brits Hotel Karawang,dirinya menyatakan dukunganya untuk langkah yang diambil oleh Bupati Karawang melalui Wakil Bupati, untuk melakukan sidak demi menegakkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016.
"Sebab jika tidak dilakukan sidak, kami tidak akan pernah tahu kejadiannya seperti ini,dan itu murni sebuah jawaban dari isu-isu yang selalu hangat diperbincangkan," ujarnya.
Dilokasi yang sama,Wakil Ketua Komisi D DPRD Karawang, H Endang Sodikin megutarakan kepuasaanya kepada langkah eksekutif dalam menindaklanjuti situasi yang berkembang.Bahkan dirinya, meminta agar penegakan pegawai negeri sipil menindak yayasan penyalur kerja yang melanggar aturan.Apalagi saat ini Karawang tengah menghadapi jumlah pengangguran yang mengkhawatirkan dan perlunya serapan tenaga kerja lokal,tambanya.
Endang pun mengaku bangga karena DPRD telah dilibatkan pada kegiatan Sidak oleh pihak eksekutif,dan dia pun mengakui baru kali pertama mengikuti sidak kelapangan bareng Wabup Karawang berkaitan tenaga kerja.
Sebelumnya dilokasi Sidak,Kadisnakertrans Kabupaten Karawang, H Ahmad Suroto, mengaku tidak pernah mengistruksikan Kabid Penta untuk melakukan kunjungan ke Yayasan GSS. Dia juga membantah jika pada Selasa 26 Oktober 2016 ada tes untuk Yamaha 1 seperti yang dijelaskan Kabidnya.
Selain melakukan sidak ke Yayasan GSS, rombongan juga melakukan sidak ke PT Bhakti Cemerlang di komplek ruko yang sama. Di yayasan tersebut juga ditemukan berkas lamaran kerja warga luar Karawang.

Kemudian oleh beredarnya video rekaman didunia maya akan hasil sidak Wakil Bupati Karawang CS dan menangkap tangan Kepala Bidang Penempatan Tenaga (Kabid Penta) Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Karawang,Teo Suryana,yang berada di Yayasan diluar jam kerja lalu di bantah pernyataan oleh Kadisnakertrans Kabupaten Karawang, H Ahmad Suroto mendapatkan positip.

Banyak warga yang menilai, apa yang telah ditudingkan Jimmy sudah benar walau belum tepat sasaran seperti kepada oknum Karang Taruna Kabupaten Karawang,namun sudah membuktikan bahwa para calo tenaga kerja itu ada dan melibatkan oknum birokrasi terkait.

Dilain pihak ada beranggapan,tertangkap tangan seorang Kabid Penta telah membuktikan bahwa Kadisnakertrans tak mampu mengkontrol birokrasinya sendiri dan abai serta perlu dievalusi kinerja birokrasi terkait,ini harus menjadi sebuah catatan penting untuk Bupati dan Wakil Bupati Karawang,tambahnya.

Tak hanya itu,ucap narasumber yang enggan disebutkan namanya,Suroto secara langsung atau pun tidak telah kena tampar mukanya oleh kelakukan nakal Kabidnya.#red.

0 Komentar

X
X